SEA Games 2021 Boleh Dihadiri Penonton, Kontingen Indonesia Waspada

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 29 April 2022
SEA Games 2021 Boleh Dihadiri Penonton, Kontingen Indonesia Waspada
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (kiri) dan CdM Sea Games 2021, Ferry Kono. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

BolaSkor.com - SEA Games 2021 bisa dihadiri oleh penonton di setiap cabang olahraga (cabor). Hal ini membuat Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) harap-harap cemas.

Pesta olahraga terbesar Asia Tenggara yang sempat tertunda itu akan berlangsung di Vietnam pada 12-23 Mei mendatang. Edisi kali ini disebut dengan extraordinary SEA Games karena digelar pada masa pandemi virus corona.

Namun pemerintah Vietnam tampaknya cukup percaya diri mampu meredam ancaman tersebut. Mereka bahkan siap membuka setiap arena pertandingan secara gratis untuk penonton.

Baca Juga:

Merah Putih Media Jadi Official Media Partner Kontingen Indonesia di SEA Games 2021

NOC Perkenalkan Jersey Tim Indonesia di SEA Games 2021, Ada Mosaik Garuda

Saddil Ramdani Diizinkan ke Timnas U-23, PSSI Apresiasi FAM dan Sabah FC

"Kebijakan pemerintah vietnam, seluruh venue bisa ditonton oleh penonton dan tidak membayar tiket. Namun justru itu yang mengkhawatirkan dan kita masih meraba-raba daya tampung dari setiap venue," kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam, Ferry Kono, Kamis (28/4) malam.

Pemerintah Vietnam juga melonggarkan aturan untuk para pendatang dari luar negeri. Mereka seolah mengundang para suporter dari negara-negara peserta untuk hadir langsung memberikan dukungan.

"Protokol kesehatan (prokes) Vietnam baru merilis mereka akan melonggarkan deklarasi kesehatan (aplikasi seperti Peduli Lindungi). Jadi yang masuk ke sana tidak perlu mengisi form aplikasi deklarasi kesehatan," tambahnya.

"Namun untuk peserta tetap melakukan tes antigen dua hari sekali sejak keberangkatan."

Di tengah situasi seperti ini, faktor kesehatan tentu menjadi perhatian utama semua pihak yang terlibat. Penyelenggaraan SEA Games 2021 bisa terganggu jika ada peserta yang terinfeksi di tengah acara.

Kehadiran penonton sendiri akan memperbesar peluang terjadinya penularan virus corona di ajang SEA Games. Kontingen Indonesia tentu tak mau hal itu berdampak buruk kepada para atlet merah-putih.

Apalagi suporter Vietnam terkenal fanatik terutama di cabor sepak bola. Bukan tidak mungkin seluruh pertandingan yang melibatkan tim tuan rumah akan dipadati suporter.

Meski begitu, Ferry juga ingin memanfaatkan kebijakan ini dengan maksimal. Suporter Indonesia juga akan disiapkan untuk mendukung langsung perjuangan para atlet di lapangan.

Khusus di beberapa pertandingan final, KBRI akan bantu turun menggerakan massa. Meskipun warga negara Indonesia di Hanoi tidak terlalu banyak," tutupnya.

SEA Games 2021 NOC Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan