SEA Games 2021: Bungkam Filipina 4-0, Timnas Indonesia U-23 Buka Kans ke Semifinal

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 13 Mei 2022
SEA Games 2021: Bungkam Filipina 4-0, Timnas Indonesia U-23 Buka Kans ke Semifinal
Selebrasi Rizky Ridho usai bobol gawang Filipina U-23. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Filipina U-23 dengan skor telak 4-0 dalam lanjutan pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5) sore WIB.

Timnas Indonesia U-23 langsung tampil menekan sejak awal. Pada menit ke-14, Egy Maulana Vikri sempat mencetak gol, tetapi dianulir karena pemain FK Senica tersebut dalam posisi offside.

Empat menit kemudian, Timnas Indonesia U-23 akhirnya membuka keunggulan melalui Muhammad Ridwan. Penyerang asal Persik Kediri tersebut mencocor bola di depan gawang Filipina setelah menerima umpan dari Egy.

Timnas Indonesia U-23 kembali menebar ancaman lewat aksi Witan Sulaeman. Namun, Witan yang sudah berhasil melewati kiper Filipina U-23, Julian Boltron, gagal mencatatkan namanya di papan skor karena tendangannya masih lemah sehingga bisa diamankan bek lawan.

Timnas Indonesia U-23 terus menekan pertahanan Filipina U-23. Muhamamd Ridwan melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti tapi masih melebar.

Di pengujung babak pertama, tepatnya menit 44, Timnas Indonesia U-23 berhasil menambah keunggulan menjadi 0-2 melalui sundulan Rizky Ridho yang memanfaatkan umpan Syahrian Abimanyu.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Tim Rowing Berikan Medali Emas Kelima untuk Indonesia

SEA Games 2021: Nandhira Raih Medali Perak, Seraf Sumbang Perunggu dari Wushu

Memasuki babak kedua Filipina tampil lebih menekan. Dua peluang didapatkan melalui Oliver Bias dan Christian Rontini Mangaron, tapi masih bisa diamankan oleh Ernando Ari.

Timnas Indonesia U-23 yang di awal babak kedua sempat ditekan terus mulai keluar menyerang setelah melewati menit 65.

Marselino Ferdinan yang masuk di awal babak kedua menggantikan Syahrian Abimanyu nyaris mencetak gol pada menit 67. Marselino yang lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan terobosan Marc Klok melepaskan tendangan menyusur tanah tapi bola masih menyangkut di badan kiper Filipina.

Tekanan Timnas Indonesia U-23 kembali menghasilkan gol pada menit ke-73 lewat sepakan Egy Maulana Vikri, yang memanfaatkan umpan dari Irfan Jauhari.

Pesta gol tim Merah-Putih sore ini ditutup melalui penalti Marselino Ferdinan pada menit 84. Penalti diberikan setelah sebelumnya Ronaldo Kwateh dilanggar oleh Enrique Linares Fernandez.

Hasil ini untuk sementara membawa Timnas Indonesia U-23 merangsek ke puncak klasemen sementara Grup A dengan 6 poin dari tiga pertandingan, sekaligus membuka kans ke semifinal. Egy Maulana Vikri dkk. unggul selisih gol dari Myanmar di tempat kedua yang baru akan bertanding melawan Vietnam malam ini pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, kekalahan dari Timnas Indonesia U-23 membuat Filipina dipastikan angkat koper dari ajang SEA Games 2021. Tim asuhan Manuel Figuredo hanya mengumpulkan 4 poin dari empat pertandingan hasil dari sekali menang, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Susunan Pemain:

Filipina U-23: Julian Boltron; Philip Woods, Enrique Fernandez, Miguel Mendoza, Jaime Domingo; Oskari Orevillo, Christian Mangaron; Dennis Chung, Oliver Bias, Yrick Gallantes; Jovin Bedic

Pelatih: Norman Fegidero

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Muhammad Ridwan

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas indonesia u-23 Filipina u-23 SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.287

Bagikan