BolaSkor.com - Cerita menarik mengiringi kesuksesan Agustina Manik menyabet medali perak SEA Games 2021 cabang olahraga (cabor) pada atletik nomor lari 800 meter putri. Mengikuti instruksi pelatih yang jitu menjadi kunci keberhasilan ini.

Perlombaan yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Senin (16/05) berlangsung sengit. Jarak enam pelari yang berpartisipasi sangat rapat.

Agustina sempat berada di barisan terdepan. Sayangnya ia terlempar ke posisi kelima jelang 100 meter terakhir.

Namun Agustina secara ajaib mampu merangsek ke peringkat kedua pada sprint terakhir. Ia menyalip tiga pelari di depannya dari sisi luar dan finis dengan catatan waktu 2 menit 9,99 detik.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Taekwondo Sumbang Tiga Perunggu

SEA Games 2021: Raih Medali Perunggu, Maria Londa Tetap Bersyukur

SEA Games 2021: Ketenangan Buat Atjong Tio Purwanto Amankan Perunggu

Langkah Agustina mengambil sisi luar nyatanya menjadi keputusan tepat. Hal itu ternyata bukan kebetulan karena merupakan instruksi tim pelatih.

"Pelatih tadi menyuruh saya untuk jangan ambil jalur dalam. Tetapi tadi pada 100 meter terakhir saya dikunci," kata Agustina usai balapan.

"Namun saya terus berusaha dan mencoba masuk (lewat sisi luar)."

Ini merupakan medali perak SEA Games pertama Agustina dari nomor 800 meter. Pada edisi 2019, ia hanya meraih medali perunggu.

Pemenang nomor ini sendiri diraih oleh pelari Vietnam, Anh Khuat Phuong. Ia finis terdepan dengan catatan 2 menit 8,74 detik.

"Medali perak ini untuk Indonesia. Terima kasih untuk seluruh doanya warga Indonesia," tutupnya.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam