SEA Games 2021 Jadi Rujukan demi Peningkatan Prestasi

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 21 Mei 2022
SEA Games 2021 Jadi Rujukan demi Peningkatan Prestasi
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari bersama Eki Febri Ekawati. (MP/Joseph Kanugrahan)

BolaSkor.com - Ketua National Olympic Committe (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari langsung bergerak cepat usai mendapatkan hasil terkini kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia per Jumat (20/5) berada di posisi empat besar multievent dua tahunan itu.

Menurut Okto, SEA Games jadi ajang tepat untuk mengevaluasi kinerja program pelatihan di cabang olah raga. Sebab, masih ada multievent lain seperti SEA Games 2023, Asian Games 2023, Olimpiade Paris 2024, dan Islamic Solidarity Games.

"Semua event ini bisa kami jadikan untuk mengukur seberapa jauh prestasi yang dilakukan federasi," terang Okto setelah menyambut kedatangan rombongan kontingen Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (21/5).

Baca Juga:

Ketua NOC Indonesia Sambut Kepulangan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021

SEA Games 2021: Tambahan Dua Emas dan Satu Perak dari Cabor Kano dan Kayak

Okto bahkan sudah melakukan evaluasi per hari untuk mengkaji atlet yang sudah dan akan bertanding. Hasil evaluasi itu akan menjadi rujukan dalam laporannya kepada Kemenpora dan semua stakeholder.

Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, menyambut kepulangan para atlet dari SEA Games 2021 (BolaSkor/Johan Kristiandi)

"Tentunya ini menjadi rekomendasi pembinaan prestasi kedepannya," jelas Okto yang mengenakan kemeja putih lengan panjang ini.

Okto menuturkan, untuk prestasi yang tak maksimal akan dikaji untuk meningkatkan raihan kedepannya. Salah satunya dengan mengintip kompetitor negara lain mengelola pelatihan atletnya.

Ia mencontohkan prestasi Singapura di bidang renang yang begitu mendominasi. Salah satu alasannya, tetangga Indonesia itu memiliki fasilitas renang khusus untuk para atlet nasionalnya. Namun, ini belum dilakukan Indonesia.

"Ini jadi salah contoh bagimana Singapura fokus meraih prestasi di renang. Mereka didukung fasilitas dan dukungan pemerintah. Ini jadi salah satu sampel yang kami ambil," ucap Okto.

NOC juga sudah berkoordinasi dengan pengurus cabang untuk memperbanyak uji coba dengan negara lain. Termasuk meningkatkan kerjasama dengan internasional konfederasi.

"Sehingga menjadi kiat kami meningkatkan pembinaan prestasi di Indonesia. Termasuk mendorong agar lebih banyak orang Indonesia duduk di organisasi Internasional," harap Okto. (MerahPutih.com)

SEA Games 2021 NOC Tim Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan