BolaSkor.com - SEA Games 2021 tak hanya tentang segala hal yang berbau olahraga. Banyak sisi lain yang bisa dikupas dari pesta olahraga terakbar se-Asia Tenggara ini.

Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah tentang dunia kuliner. Vietnam selaku tuan rumah SEA Games 2021 nyatanya memiliki karakteristik makanan yang jauh berbeda ketimbang Indonesia.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Hanoi Sao La, Sapi Bertanduk nan Gemas

SEA Games 2021 Tak Hanya Hadirkan Pesta Olahraga

Tim BolaSkor.com sudah hampir sepekan berada di Hanoi. Berbagai menu makanan khas ibu kota Vietnam tersebut sudah sempat dicoba tentunya yang berkategori halal.

Perbedaan paling mencolok adalah dominasi sup dan mie dalam menu makanan Vietnam. Sementara penggunaan minyak goreng yang sempat langka di Indonesia termasuk minim.

Meski begitu, cita rasa makanan Vietnam sulit diterima oleh lidah orang Indonesia. Salah satu penyebabnya karena penggunaan bumbu rempah-rempah yang minim.

SEA Games 2021
Batavia Restaurant. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

Hal ini membuat kami mulai merindukan makanan Indonesia. Beruntung di Hanoi ada satu restoran bercita rasa Tanah Air.

Restoran yang kami maksud bernama Batavia. Alamatnya lengkapnya berada di 116 Ngoc Ha, Ngoc Ha Ward, Ba Dinh District.

Menariknya, Batavia Restaurant and Cafe ini dimiliki oleh orang Indonesia asli bernama Azhar Rizal. Ia merupakan seorang staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang sudah menetap di Vietnam selama 20 tahun.

Dari namanya, Batavia Restaurant and Cafe jelas menghadirkan menu-menu asli Indonesia. Hampir semua makanan khas dari berbagai daerah tersedia di sini.

Restoran ini sudah beroperasi sejak tahun 2017. Namun lokasi awalnya berbeda dengan yang sekarang meski sama-sama masih terletak di Hanoi.

SEA Games 2021
Batavia Restaurant. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

"Yang datang ke restoran ini tidak hanya orang Indonesia. Orang dari Malaysia dan Singapura yang berkunjung ke Hanoi bisa dipastikan mampir ke sini," kata sang pemilik, Azhar Rizal kepada BolaSkor.com.

"Warga Vietnam juga secara perlahan juga mulai menyukai menu makanan Indonesia. Rendang dan sate ayam menjadi favorit mereka."

SEA Games 2021
Menu di Batavia Restaurant. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

Meski begitu, pandemi virus corona sempat membuat Batavia Restaurant and Cafe sepi pelanggan. Hal itu tak lepas dari kebijakan lockdown yang sempat dijalankan pemerintah Vietnam.

Namun pandemi yang sudah mulai terkendali membuat situasi di Vietnam menjado lebih baik. Pendapatan Batavia Restaurant and Cafe pun mulai kembali normal.

SEA Games 2021
Nasi Goreng di Batavia Restaurant. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

Berbagai tokoh penting juga pernah singgah di sini. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo termasuk satu di antaranya.

Penyelenggaraan SEA Games 2021 pada 12-23 Mei mendatang dipastikan membuat Batavia Restaurant and Cafe semakin ramai pelanggan. Sejumlah kontingen bahkan sudah memesan catering di sini.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam