SEA Games 2021: Mimpi Indonesia Raya Berkumandang Lewat MTB-XCO Putra Terwujud

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 16 Mei 2022
SEA Games 2021: Mimpi Indonesia Raya Berkumandang Lewat MTB-XCO Putra Terwujud
Zaenal Fanani (kiri) dan Ihza Muhammad. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

BolaSkor.com - Kabar menggembirakan kembali datang dari tim balap sepeda Indonesia, Zaenal Fanani dan Ihza Muhammad berhasil menyumbang emas dan perak pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra, di SEA Games 2021 Vietnam.

Tampil di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, Senin (16/5), Zaenal Fanani menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 1 jam 16,41 menit.

Sementara Ihza Muhammad finis di urutan kedua setelah melibas empat lap trek sejauh 5,2 KM (total 20,8 KM) dengan catatan waktu 1 jam 19,14 menit atau terpaut 2 menit 33 detik dari Zaenal Fanani. Sementara perunggu diraih wakil Filipina Jericho Rivera dengan 1 jam 20,04 menit.

Pencapaian ini menjadi sejarah bagi XCO putra Indonesia karena mampu mendominasi dua podium teratas sepanjang SEA Games.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Medali Emas dan Perak dari MTB Nomor Cross-Country

SEA Games 2021: Tiga Medali Perak Didapat dari Pencak Silat

SEA Games 2021
Zaenal Fanani (kanan) dan Ihza Muhammad. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

Zaenal Fanani tak bisa menyembunyikan kebahagiannya. Dia mengaku bangga bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut.

Dia juga mengatakan hasil kali ini tidak lepas dari persiapan selama menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) balap sepeda.

"Sangat bangga, akhirnya mendapat medali emas pertama untuk Indonesia di SEA Games Vietnam. Terima kasih kepada Pak Kapolri (Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo) selaku Ketua Umum PB ISSI dan jajarannya, kepada pelatih dan semua orang yang telah mendukung saya," kata Zaenal Fanani usai lomba.

Dengan hasil tersebut, Zaenal Fanani pun langsung mencanangkan target selanjutnya yakni bisa mempersembahkan medali pada Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Senada dengan Zaenal Fanani, Ihza pun sangat gembira bisa menyumbangkan perak untuk Merah Putih.

“Terima kasih untuk doa dan dukungannya. Akhirnya mimpi saya bersama rekan saya (Fanani) mengumandangkan Indonesia Raya di SEA Games Vietnam bisa tercapai," kata Ihza.

Sementara itu pada sektor nomor XCO putri Sayu Bella Sukma Dewi belum mampu menyumbang medali SEA Games Hanoi, Vietnam, setelah finis di urutan kelima dengan membukukan 1 jam 25,46 menit.

Emas diraih wakil tuan rumah Thi Nhu Quynh Din dengan 1 jam 18,06 menit. Sementara perak dan perunggu diraih atlet asal Malaysia yakni Nur Assira Zainal Abidin (1:22:14 jam) dan Natahsya Soon (1:23:00).

Adapun tambahan satu emas dan perak hari ini, membuat tim balap sepeda Indonesia secara keseluruhan mengoleksi dua emas dan dua perak.

Sebelumnya, emas juga diraih Tiara Andini Prastika yang turun pada nomor downhill putri, sementara perak dari Andy Prayoga dari downhill putra.

Wakil Ketua Umum PB ISSI Brigjen. Pol. Suyudi Ario Seto yang memberikan dukungan langsung di Vietnam mengapresiasi perjuangan dan pencapaian atlet Indonesia.

Dia berharap pada nomor selanjutnya Indonesia bisa meraih emas dan target yang dicanangkan bisa terealisasi.

"Kami bersyukur dan bangga hari ini dapat emas dan perak dari nomor XCO putra. Dengan hasil ini, balap sepeda telah mengoleksi dua emas dan dua perak. Semoga selanjutnya untuk disiplin road juga bisa meraih medali emas, sehingga target kami bisa tercapat pada SEA Games Vietnam," kata Brigjen. Pol. Suyudi.

SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan