BolaSkor.com - Perolehan medali emas kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 kembali bertambah. Kali ini giliran cabang olahraga (cabor) fin swimming yang menyumbang.

Dalam perlombaan yang berlangsung di My Dinh Water Sports Palace, Sabtu (21/05), tim fin swimming Indonesia sukses mengamankan dua medali emas. Torehan tersebut diraih dari nomor 100 meter bi-fins putra dan 4x200 monofin putri.

Harvey Hubert Hutasuhut menjadi yang tercepat di nomor 100 meter bi-fins putra. Ia finish dengan catatan waktu 43,510 detik.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Indonesia Dapat Lima Medali dari Fin Swimming

Bertemu IWF, Diplomasi Raja Sapta Oktohari Berbuah Manis untuk Angkat Besi Indonesia

SEA Games 2021: All Indonesian Final di Ganda Putra, Apriyani/Fadia Juga Berpeluang Emas

Harvey Hubert Hutasuhut (NOC Indonesia/MP Media/Argo Pambudi)

Sementara raihan emas pada nomor 4x200 monofin putri disumbangkan tim yang terdiri dari Vania Elvira Elent, Andhini Muthia Maulida, Katherina Eds Rahayu, dan Janis Rosalita Supriyanto. Mereka finis pertama dengan catatan waktu 6 menit 21,08 detik.

Indonesia juga memperoleh tambahan dua medali perak dari Janis Rosalita (100 meter surface putri) dan Petrol Apostle Gasoline Kambey dkk (4x200 meter surface putra). Kemudian ditambah satu perunggu dari Andityo Panigoro (100 meter bi fins putra).

Hasil ini cukup mengejutkan karena fin swimming sebenarnya kurang populer. Terakhir kali Indonesia ambil bagian di cabor ini terjadi pada SEA Gamez 2011 saat menjadi tuan rumah.

Menariknya, keikutsertaan kontingen fin swimming Indonesia di SEA Games 2021 juga dibuat secara mendadak. Hal itu membuat waktu persiapan sangat mepet.

"Sebenarnya pada saat pemberitahuan terkait tim fin swimming masuk di SEA Games Vietnam itu juga mendadak. Pada tanggal 20 Maret 2022 kita baru melaksanakan pelatnas di Jakarta sampai berangkat," kata pelatih kepala fin swimming Indonesia, Muhammad Riyad.

Sebagai informasi, fin swimming tidak berada di bawah naungan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) melainkan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI). Itu karena olahraga ini menggunakan alat bantu untuk menyelam.

Meski telah meraih medali emas, tim fin swimming Indonesia masih belum puas. Tambahan satu emas lain akan coba diraih pada hari terakhir, Minggu (22/5).

"Kalau mengacu dari pelatnas yang hanya dua bulan ini memang seperti mustahil. Namun semangat dari atlet, tim pelatih serta pendukung lain membuat semuanya sangat terbantu," tutupnya.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam