SEA Games 2021: Raih Medali Emas, Eko Yuli Irawan Kirim Pesan untuk Para Junior

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 20 Mei 2022
SEA Games 2021: Raih Medali Emas, Eko Yuli Irawan Kirim Pesan untuk Para Junior
Eko Yuli Irawan (NOC Indonesia/MP Media/Evan Andrews)

BolaSkor.com - Eko Yuli Irawan sukses meraih medali emas SEA Games 2021 cabang olahraga (cabor) angkat besi nomor Men's 61 kg. Ia menjadikan momen ini untuk memberikan pesan kepada para juniornya.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Hanoi Sports Training and Competition Center, Jumat (20/5), Eko Yuli mampu mencatatkan total angkatan sebesar 290 kg. Angka tersebut diraih dari nilai snatch 135 kg dan clean & jerk 155 kg.

Jumlah tersebut tak mampu diungguli lifter dari negara lain. Medali perak diraih wakil Malaysia, Muhamad Aznil Bidin (287 kg) dan perunggu menjadi milik atlet Vietnam, Nguyen Ngoc Trung (286 kg).

Eko Yuli sebenarnya punya peluang untuk meningkatkan jumlah angkatannya. Namun ia memilih tak mengambil kesempatan ketiga di angkatan clean & jerk karena sudah tak terkejar.

Ini menjadi medali emas keenam Eko Yuli sepanjang berpartisipasi di ajang SEA Games. Ia sudah berpartisipasi sejak edisi 2007.

Fakta tersebut sebenarnya juga cukup mengkhawatirkan. Regenerasi angkat besi seolah tak berjalan baik karena masih mengandalkan eku Yuli untuk meraih emas selama lebih dari satu dekade.

Namun Eko Yuli tak ambil pusing. Pria berusia 32 tahun itu justru menantang para junior untuk mengalahkannya.

"Kadang minder sendiri karena paling tua. Namun bagi kami, angkat besi itu mau tua atau muda yang terpenting adalah siapa yang kuat dia yang menang," kata Eko Yuli.

"Jadi selagi saya masih nomor satu kenapa tidak. Kalau yang mudanya ingin tampil di sini harus kalahin saya dulu."

"Kalau saya bisa kalah berarti kan tahu kualitas mereka seperti apa. Kita mendidiknya seperti itu," tambahnya.

Menariknya, Eko Yuli mengaku persiapannya menuju SEA Games 2021 tak maksimal. Hal ini menjadi alasan total angkatannya lebih rendah dari rekor terbaik.

"Memang ini persiapan paling mepet. Namun intinya saya di sini nyari medali emas. Kalau memang memungkinkan baru melampaui (rekor)," kata Eko lagi.

"Menang dengan selisih 1 kg sama 10 kg sama saja kan."

Laporan Langsung Taufik Hidayat

Breaking News SEA GAMES SEA Games 2021 Angkat Besi Eko Yuli Irawan
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan