BolaSkor.com - Tim rowing Indonesia tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (15/5) malam WIB, usai berjuang di SEA Games 2021 Vietnam.

Kedatangan tim Rowing Indonesia disambut Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia. Kemenpora memberikan apresiasi atas capaian prestasi atlet rowing Indonesia di SEA Games 2021. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta.

Tim rowing Indonesia berhasil menyumbangkan 8 emas dan 6 perak untuk Skuat Merah Putih di SEA Games 2021.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Rindu Jadi Pegawai, Junita Malau Masih Tetap Berladang

Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Tempati Urutan Keempat

"Selamat datang pahlawan Indonesia yang sudah berjuang untuk mengibarkan merah putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Dengan 8 emas dan 6 perak, pemerintah mengapresiasi kerja keras tim dayung Indonesia," ujar Isnanta, dikutip dari Kemenpora.go.id.

Menurutnya, apa yang diraih tim rowing Indonesia adalah sebuah capaian besar. Namun, menurutnya ada yang jauh lebih dari itu, yaitu menata Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menuju Olimpiade dengan transisinya ada di Asian Games.

“Kalau tingkat Asia Tenggara sudah dibuktikan dengan pencapaian yang melebihi target," ucap Isnanta.

"Dalam konteks ini, kita itu menyiapkan atlet dari berbagai nomor. Pertanyaanya, dari mana pembinaan itu dilahirkan? Kita punya PPLP dayung di berbagai daerah. Kemudian PB PODSI selalu mengelar kompetis junior sehingga bakat-bakat mereka kelihatan. Jadi pembinaan dan kompetisi selalu diikutkan," katanya.

"Dan itu selaras dengan DBON. Karena DBON prinsipnya membina secara berjenjang mulai dari usia dini sampai usia emas. Dan ini sudah dilakukan dan tidak pernah putus. Jadi DBON itu untuk pentas Olimpiade, namun targetnya bukan di Olimpiade 2024 tapi masih target yang panjang," tambahnya.

Baca Juga:

STY Singgung Kemenangan Korsel atas Jerman Usai Timnas U-23 Bungkam Myanmar

SEA Games 2021: Vietnam Menang, Timnas Indonesia U-23 Runner Up Grup A

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI), Basuki Hadimuljono, bangga atas raihan atletnya di SEA Games 2021 Vietnam. Menurutnya hasil ini sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Indonesia harus selektif untuk mengirimkan atlet agar bisa menghasilkan yang maksimal.

" Sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia harus selektif untuk mengirimkan atlet sehingga bisa menghasilkan hasil yang maksimal," kata Basuki.

"Untuk kontingan PODSI (tim rowng) yang sudah bertanding telah mendapatkan 14 medali terdiri 8 emas dan 6 perak. Alhamdulilah ini sangat membanggakan bagi kita.”

Lebih lanjut, pelatih Rowing Indonesia Muhammad Hadris mengatakan bahwa hasil 8 emas dan 6 perak sudah sesuai target yang dicanangkan sebelumnya.

“Hasil ini sangat luar biasa, dengan perolehan khusus cabang rowing di SEA Games ini, 8 emas dan 6 perak, karena sesuai dengan target kita yang kita rencanakan 8 emas,” kata Agus.

Dengan masuknya dayung di DBON, Agus merasa bangga. Menurutnya, dengan dayung dimasukan di DBON dukungan pemerintah akan lebih maksimal.

“Dengan demikian tinggal kita untuk menata atlet untuk tetap semangat berlatih lagi terutama untuk menghadapi Olimpiade (Paris 2024),”ujarnya.

Pertandingan rowing yang berlangsung pada 11 Mei 2022 hingga 14 Mei 2022 sukses mengumpulkan 14 medali untuk Kontingen Indonesia di ajang multievent olahraga se-Asia Tenggara ini. Adapun, 8 emas yang diraih cabor dayung keseluruhannya berasal dari Tim Putra. Sedangkan Tim Putri harus puas dengan 6 perak.

Berikut hasil lengkap perolehan medali Tim Rowing Indonesia di SEA Games Vietnam:

A.. Emas:

1. Kakan Rusmana/ Ardi Isedi pada nomor Lighweight Man’s Double Sculls

2. Sulfianto/Memo pada nomor Man’s Double Sculls

3. Ali Mardiansyah/Kakan Rusmana/Ihram/Ardi Isedi pada nomor Lightweight Man’s Quadruple Scull

4. Mahendra Yanto/Ali Buton/ Ferdiansyah/Denri Maulidzar pada nomor Lightweight Man’s Four

5. Denri Maulidzar Alghiffari/Ferdiansyah pada nomor Men’s Pair

6. Ihram pada nomor Men’s Lightweight Single Sculls

7. Jefri Ardianto/Rio Riski Darmawan pada nomor Men’s Lightweight Pair

8. Memo/Edwin Ginanjar/Sulpianto/Rifqi Harits Taufiqurrahman pada nomor Men’s Quadruple Sculls

B. Perak:

1. Putri Agni Anugerah/Annisa Meilani Yahya/Maslin Efrilia/Dewi Purwanti pada nomor Women’s Quadruple Sculls

2. Syvia Lisdiana/Julianti/Aisah Nabila/Chelsea Corputty pada nomor Women’s Four

3. Julianti dan Chelsea Corputty /Perak pada nomor Women’s Pair

4. Melani Putri/Mutiara Rahma, Anggi Widiarti/Nurtang pada nomor Lightweight Women’s Quadruples Scull

5. Melani Putri & Mutiara Rahma Putri pada nomor Women’s Lightweight Double Sculls

6. Chelsea Corputty/Syiva Lisdiana/Aisah Nabila/Yuniarty pada nomor Lightweight Women’s Four