BolaSkor.com - SEA Games 2021 resmi berakhir pada Senin (23/5). Upacara penutupan digelar di Hanoi Athletics Palace sebagai tanda selesainya pesta olahraga di Asia Tenggara itu.

SEA Games 2021 secara resmi diselenggarakan mulai 12 Mei. Sebanyak 40 cabang olahraga dengan 526 nomor dipentaskan, diikuti 11 delegasi negara Asia Tenggara. Final sepak bola putra pada Minggu (22/5) malam, menjadi pertandingan terakhir yang digelar.

Vietnam memastikan diri menjadi juara umum setelah mengumpulkan 205 medali emas, 125 perak, 114 medali perunggu berdasarkan rilis per Senin (23/5) pukul 09.13.

Vietnam sekaligus memecahkan rekor perolehan medali emas. Rekor sebelumnya dipegang Indonesia, yang meraih 194 medali emas dalam SEA Games 1997 di Jakarta.

Sementara itu, Thailand bercokol di tempat kedua setelah meraih 92 medali emas, 102 perak, dan 135 perunggu. Indonesia ada di tempat ketiga dengan 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Bangganya Marques Bolden Bisa Bawa Pulang Medali Emas

SEA Games 2021: Kegugupan CdM Indonesia Berujung Rasa Lega

Pencapaian Indonesia patut dibanggakan karena sesuai target. Apalagi jumlah atlet Indonesia yang diikutsertakan dalam SEA Games 2021 terkecil dibanding sebelumnya.

Indonesia hanya berkekuatan 499 atlet yang berkompetisi di 32 cabang olahraga. Lebih kecil dari Vietnam (951 atlet), Thailand (808), Filipina (641), dan Malaysia (586).

Berada di bawah Indonesia, yakni Filipina, Singapura, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Upacara penutupan SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Atletic Palace, Senin (23/5). (NOC Indonesia/M Rifqi)

Upacara penutupan dihadiri tamu undangan, penonton, dan delegasi olahraga. Tema Gather to Shine membungkus penutupan.

Pertunjukkan seni lewat rangkaian lagu tentang Hanoi sebagai ekspresi keindahan dan warga Hanoi membuka acara.

Penghormatan bendera Vietnam dan parade negara peserta, serta 40 cabang olahraga yang dibawa maskot Saola, wasit, dan volunteer mengikuti, sebelum Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata sekaligus Ketua Organizing Committee SEA Games 2021, Nguyen Van Hung menyampaikan sambutan sekaligus pemberian penghargaan kepada empat atlet terbaik Nguyen Thi Oanh (Vietnam), Joshua Robert Atkinson (Thailand), Nguyen Huy Hoang (Vietnam), Jing Wen Quah (Singapura).

Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh menyatakan penutupan, sebelum api SEA Games 2021 dipadamkan.

Bendera Federasi SEA Games (SEAGF) dan SEA Games ke-31 kemudian diturunkan. Itu sebelum diserahkan Komite Olimpiade Vietnam ke Kamboja, yang akan menjadi tuan rumah SEA Games 2023.

Lagu kebangsaan Kamboja dikumandangkan dan pertunjukkan seni berupa tarian Apsara yang menjadi simbol budaya, jiwa, dan identitas Kamboja ditampilkan. Upacara penutupan diakhiri pertunjukkan musik diawali atraksi LED yang memadukan koreografi serta teknologi.