BolaSkor.com - Woman International Master (WIM) Dewi Ardhiani Anastasia Citra atau Dewi AA Citra berhasil mempersembahkan medali emas pertama dari cabang olahraga (cabor) catur untuk Kontingen (Tim) Indonesia di SEA Games 2021.

Keberhasilan WIM Dewi Citra tak terlepas dari penampilan apiknya di 8 round sebelumnya. Pada hari keempat, Sabtu (14/2), WIM Dewi Citra menyapu bersih babak ketujuh dan kedelapan dengan kemenangan.

WIM Dewi Citra melibas wakil Singapura WGM Gong Qianyun pada pertandingan ketujuh. Kemudian, WIM Dewi Citra kembali tampil apik dengan mengalahkan wakil Filipina Fronda Jan Jodilyn, sehingga kokoh di puncak klasemen pada kategori Women’s Individual Standart Chess.

Di babak kesembilan, WIM Dewi Citra mengalahkan wakil Filipina Frayna Janelle Mae di Quang Ninh Exhibition of Urban Planning and Expo, Minggu (15/5).

Wakil Bendahara Umum NOC Indonesia, Aang Sunadji mengalungi Dewi Ardhiani A Citra (tengah) yang mendapat medali emas. (NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono)

Atas keberhasilannya menyabet emas di SEA Games 2021, WIM Dewi Citra mengaku sangat bangga dan terharu. Apalagi gelar tersebut didapat tepat di hari ulang tahunnya ke-28 yang jatuh pada Minggu (15/5).

"Saya sangat senang dan bersyukur karena di hari ulang tahun saya bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dan bisa membuat keluar di rumah bangga serta bahagia," kata WIM Dewi Citra saat dihubungi BolaSkor.com.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Dewi Citra Persembahkan Medali Emas Pertama Indonesia dari Catur

SEA Games 2021: Catur Sumbang Dua Perak untuk Indonesia

Bagi WIM Dewi Citra, pencapaiannya di SEA Games 2021 merupakan peningkatan prestasi. Sebelumnya di SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar, WIM Dewi Citra menyabet tiga perunggu.

"Untuk medali emas kali ini memang sesuai target dari Percasi (Persatuan Catur Indonesia)," tutur WIM Dewi Citra.

WIM Dewi Citra menuturkan, medali emas yang didapatnya tidak terlepas dari usaha dan kerja kerasnya selama masa persiapan. Cewek kelahiran Tarakan, 16 Mei 1994 tersebut gigih dalam berlatih saat melakoni pelatnas jangka panjang bersama atlet lainnya.

"Saya juga menjalani try out dan beberapa uji coba sebelum menjelang SEA Games," ungkapnya.

IM Mohamad Ervan, WIM Dewi Ardhiani A Citra, WGM Irene Kharisma Sukandar. (NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono)

WIM Dewi Citra berharap torehannya di SEA Games 2021 ini bisa memotivasinya untuk selalu memberikan prestasi terbaik untuk tim Merah-Putih. Perjuangan WIM Dewi Citra di SEA Games 2021 akan berlanjut hari ini, Senin (16/5) di nomor Catur Cepat atau Rapid Chess.

"Semoga saya bisa bermain semaksimal mungkin dan akan berjuang untuk memenuhi target," pungkas cewek yang hobi travelling dan kulineran tersebut.