SEA Games 2021: Tuntaskan Lebih 162 Kilometer, Aiman Cahyadi Raih Perak Balap Sepeda

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 21 Mei 2022
SEA Games 2021: Tuntaskan Lebih 162 Kilometer, Aiman Cahyadi Raih Perak Balap Sepeda
Aiman Cahyadi meraih medali perak. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

BolaSkor.com - Medali perak SEA Games 2021 berhasil diamankan dari cabang olahraga Cycling Road atau balap sepeda. Adalah Aiman Cahyadi yang memeroleh medali tersebut dari nomor Men's Road Individual Mass Start, Sabtu (21/5).

Selain Aiman Cahyadi, empat rider Indonesia juga turun yakni Bernard Benyamin Van Aert, Terry Kusuma Yudha, Jamalidin Novardianto, Selamat Juangga.

Para rider Indonesia bersaing dengan empat atlet Singapura, lima atlet Malaysia, lima rider Filipina, lima atlet Vietnam, lima rider Thailand. Selain itu atlet dari Kamboja dan Laos.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Satu Lagi Medali Emas Didulang dari Cabor Kano dan Kayak

SEA Games 2021: Emas Kedua Angkat Besi Dipersembahkan Rahmat Erwin Abdullah

Para rider harus menyelesaikan 11 lap. Setiap lap berjarak 14,75 kilometer (km), artinya total jarak yang harus dituntaskan mencapai 162,25 km.

Adapun trek yang dilalui bermacam-macam. Selain jalan perbukitan, atlet melewati jembatan, namun tidak semua medan menanjak. Hujan yang turun menjadi tantangan lain.

Dua rider Indonesia Aiman dan Bernard sempat masuk grup terdepan. Aiman bertahan, sementara Bernard turun ke grup kedua karena sempat melakukan pergantian ban.

Pada lap terakhir atau jelang finis, Aiman di grup terdepan bersama dengan rider Singapura, Thailand, dan Malaysia. Pertarungan untuk finis makin sengit di 500 meter terakhir.

Rider Malaysia Mohamad Nur Aiman Moh Zariff meraih medali emas setelah menyelesaikan balapan lebih dahulu dengan catatan waktu 3 jam 48 menit 22 detik. Terpaut tipis dengan Aiman Cahyadi yang finis di urutan kedua dan berhak untuk medali perak.

Sementara itu, medali perunggu menjadi milik Thailand lewat ridernya Navuti Liphongyu. Sedangkan atlet Indonesia lain yakni Bernard selesai di urutan kelima.

Lima rider Indonesia. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

Aiman mengatakan hasil kali ini tak lepas dari kerja sama antar atlet Indonesia. Tiga lainnya adalah Yudha Terry Kusuma, Jamalidin Novardianto, dan, Selamat Juangga yang finis di urutan 23, 24, dan 25 dengan catatan waktu 4 jam 04,40 menit.

"Terima kasih banyak, medali perak ini saya persembahkan untuk teman-teman saya yang bekerja keras, hari ini. Karena tanpa mereka saya bukan siapa-siapa," kata Aiman usai lomba.

"Kesulitan, hari ini memang hujan dan licin. Jadi harus berhati-hati. Bernard sempat jatuh. Namun, berkat kerja sama tim yang sungguh luar biasa akhirnya bisa meraih perak. Hasil ini juga tak lepas dari persiapan dengan mengikuti kompetisi di Tajikistan jadi bisa mengukur kemampuan dan juga performa," ujar Aiman menambahkan.

Ya, semua pesepeda Indonesia yang turun kali ini layak mendapat apresiasi karena turut andil dalam membantu Aiman mempersembahkan medali perak pada lomba, hari ini.

Bahkan, Bernard sempat terjatuh dan mengalami insiden ban bocor yang menguras banyak waktu. Hebatnya, dia mampu kembali ke rombongan terdepan untuk membantu Aiman.

Pelatih kepala Timnas Balap Sepeda Dadang Haries Poernomo mengatakan semua pebalap sudah melakukan yang terbaik.

"Anak-anak luar biasa dan telah berjuang. Memang sejak awal, setiap tim agresif dan aktif. Strategi kami berjalan dengan apa yang kami rencanakan. Tetapi memang, pas di akhir kecolongan dari Malaysia. Tetapi anak-anak sudah bagus dan bekerja keras," kata Dadang.

Adapun bagi Aiman, ini merupakan perak kedua pada SEA Games Vietnam. Sebelumnya dia juga meraih medali yang sama saat turun pada nomor Individual Time Trial (ITT) putra.

Dengan tambahan satu perak pada hari ini, secara keseluruhan tim balap sepeda telah menyumbang tiga emas dan empat perak untuk Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam.

Berikut daftar peraih medali cabang balap sepeda Indonesia di SEA Games Vietnam:

Emas

1. Tiara Andini Prastika (MTB-Downhill Putri)

2. Zaenal Fanani (MTB-XCO Putra)

3. Ayustina Delia Priatna (Road-ITT Putri)

Perak

1. Andy Prayoga (MTB-Downhill Outra)

2. Ihza Muhammad (MTB-XCO Putra)

3. Aiman Cahyadi (Road-ITT Putra)

4. Aiman Cahyadi (Road Race Putra)

Sepeda SEA Games 2021 Breaking News Tim Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan