BolaSkor.com - Merah Putih Media tidak hanya mendapat kehormatan untuk menjadi media official Kontingen Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021. Sepak terjang armadanya juga berhasil mencuri perhatian publik Vietnam selaku tuan rumah.

Adalah Evan Andraws yang berhasil mencuri sebagian atensi dari para atlet. Ia merupakan video editor kamibijak.com yang juga berpengalaman menekuni dunia fotografi.

Kamibijak.com merupakan salah satu portal berita yang tergabung dalam grup Merah Putih Media, Menariknya, ini merupakan media disabilitas pertama di Indonesia. Sebanyak 80 persen armada kamibijak.com merupakan penyandang disabilitas termasuk Evan.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Indonesia Dapat Lima Medali dari Fin Swimming

Bertemu IWF, Diplomasi Raja Sapta Oktohari Berbuah Manis untuk Angkat Besi Indonesia

SEA Games 2021

Meski begitu, Evan tetap dipercaya menjadi salah satu jurnalis yang diberi mandat meliput langsung ajang SEA Games 2021. Ia mendapat tugas untuk mengabadikan berbagai momen perjuangan para atlet dari berbagai cabang olahraga lewat lensa kamera.

Meski memiliki kekurangan, Evan tetap mampu mengoperasikan kamera dengan baik. Ia mampu menjalankan tugasnya di SEA Games 2021 tanpa hambatan berarti.

Namun siapa sangka gerak-gerik Evan di venue pertandingan turut mendapat perhatian dari jurnalis Vietnam. Salah satunya bernama Ngo Tran Hai An.

Menurut Evan, Ngo Tran Hai An menegur bertugas di venue pencak silat. Keduanya mengobrol cukup lama.

Ngo Tran Hai An kemudian membuat unggahan terkait Evan di akun Facebook pribadinya, Intinya, ia merasa kagum dengan apa yang dilakukan Evan.

"Melihatnya bekerja sangat murni untuk mengambil foto, mengirim foto ke kompilasi seperti reporter lain tiba-tiba terasa sangat emosional," tulis Ngo Tran Hai An.

"Saya juga terkejut melihat dia hanya menggunakan satu tangan tetapi dia dengan mahir dan terampil menggunakan kamera untuk mengambil foto."

Siapa sangka unggahan tersebut menjadi viral di kalangan warganet Vietnam. Tercatat sejauh ini ada sekitar 2.200 akun yang menyukai postingan tersebut.

Unggahan tersebut juga dikomentari oleh pengikut Ngo Tran Hai An. Kebanyakan isinya merasa kagum dengan sosok Evan.

Dengan cepat Evan menjadi viral di Vietnam. Ia bahkan diminta melakukan wawancara dengan dua stasiun TV Vietnam dan beberapa media lain.

"Saat sedang bekerja, saya diminta interview oleh media Vietnam. Kebanyakan bertanya tentang keadaan saya dan cara memotret dengan satu tangan," kata Evan.

"Saya tidak menyangka sampai viral hingga diwawancara. Padahal sebagai fotografer yang pertama kali bertugas di luar negeri, saya hanya mencoba menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam