SEA Games 2023: Penampilan Rahmat Erwin Buat Kagum Presiden IWF

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 16 Mei 2023
SEA Games 2023: Penampilan Rahmat Erwin Buat Kagum Presiden IWF
Rahmat Erwin Abdullah (NOC/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Bertepat di Olympic Complex: Taekwondo Hall, Senin (15/05), Indonesia menambah perolehan medali emas melalui cabang olahraga (cabor) angkat besi pada nomor 81kg putra yang dipersembahkan Rahmat Erwin Abdullah.

Rahmat Erwin mengalahkan Chinnawong yang meraih medali perak usai melakukan angkatan 150kg (snatch), 175kg (clean and jerk), dan 325kg (total angkatan) dan juga perwakilan Myanmar, Thi Ha Aung, yang meraih medali perunggu dengan 125kg (snatch), 165kg (clean and jerk), dan 290kg (total angkatan).

Hebatnya lagi, Rahmat Erwin tidak hanya memenangi medali emas tapi juga memecahkan tiga rekor sekaligus pada SEA Games 2023 Kamboja.

Pada angkatan snatch, lifter kelahiran 13 Oktober 2000 mencatatkan angkatan 158kg, memecahkan rekor SEA Games milik Rizki Juniansyah, lifter Indonesia, dengan catatan 157kg di SEA Games 2021 Vietnam.

Baca Juga:

Tsabitha Alfiah Ramadani Sumbang Emas Ke-72 Tim Indonesia Lewat Cabor Angkat Besi

Comeback, Sepak Takraw Perbanyak Medali Emas untuk Indonesia

Rahmat Erwin Tambah Pundi-pundi Medali Emas Tim Indonesia

Rahmat Erwin Abdullah (NOC/Rizki Fitrianto)

Lalu pada angkatan clean and jerk, Rahmat Erwin melakukan angkatan 201kg dan menggeser rekor SEA Games dengan angkatan 200kg lifter Thailand, Suepsuan Natthawut. Dengan total angkatan 359kg, Rahmat Erwin juga melalui rekor SEA Games Suepsuan di SEA Games 2021 dengan catatan 355kg.

Tak heran atas performanya itu membuat kagum Presiden Federasi Angkat Besi Internasional (IWF), Mohammed Jalood. Ia yakin ada potensi besar Rahmat Erwin dapat meraih medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade 2024 yang dihelat di Paris, Prancis.

"Bagi saya, Rahmat adalah bintang selanjutnya di Olimpiade. Saya berharap bisa melihat dia meraih medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Paris. Saya percaya dengan dia," papar Jalood dikutip dari Antara.

"Dia punya teknik yang baik dan memiliki segalanya. Ada banyak kejuaraan yang akan di depan, termasuk kualifikasi untuk Olimpiade. Saya berharap dia fokus," harapnya.

SEA GAMES SEA Games 2023 Angkat Besi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan