Sebelum ke Tokyo, Kontingen Indonesia Dikarantina Lima Hari

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 11 Juli 2021
Sebelum ke Tokyo, Kontingen Indonesia Dikarantina Lima Hari

BolaSkor.com - Kontingen Indonesia yang tampil Olimpiade Tokyo akan menjalani karantina lima hari menjelang keberangkatan. Hal ini sebagai upaya mencegah risiko penularan COVID-19.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dalam keterangan resminya mengatakan karantina tim dari enam cabang olahraga semuanya akan difokuskan di Jakarta.

“Renang, angkat besi, panahan, rowing dan surfing akan kami karantina di Hotel Fairmont mulai Selasa (13/7). Sedangkan atletik baru masuk pada 20 Juli karena mereka dijadwalkan berangkat pada 24 Juli,” kata Okto, sapaan Raja Sapta.

Baca Juga:

Kontingen Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Dilepas Jokowi

Kontingen Olimpiade Dikukuhkan, Menpora Titip Kebanggaan Indonesia

Meski dalam masa karantina, KOI dan Chef de Mission (CdM) Olimpiade tetap berupaya mengakomodir kebutuhan atlet untuk berlatih.

Okto menjelaskan latihan akan menerapkan sistem gelembung. Setiap atlet akan diantar ke pusat pelatihan masing-masing cabang olahraga dengan pengawasan dari tim KOI yang juga tengah menjalani dikarantina.

"Kami memproteksi semua yang terlibat sehingga kami juga menyertakan tim pendukung untuk melakukan pengawasan super ketat selama beraktivitas pada masa karantina, termasuk saat latihan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua CdM Rosan P Roeslani memastikan semua yang masuk karantina akan menjalani dua kali tes swab PCR terlebih dahulu sebagai syarat memasuki gelembung.

"Selama masa karantina, atlet juga wajib membatasi interaksi dengan atlet-atlet lainnya, baik di hotel maupun saat di arena latihan. Semua juga wajib taat dan mengetatkan protokol kesehatan. Ini langkah preventif dari CdM dan KOI sebagai upaya meminimalkan risiko-risiko jika terjadi sesuatu,” kata Rosan.

Olimpiade Tokyo 2020 Koi Raja Sapta Oktohari
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan