Seberapa Banyak Wasit Premier League Melakukan Keputusan Tepat?

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 21 Maret 2018
Seberapa Banyak Wasit Premier League Melakukan Keputusan Tepat?
Anthony Taylor sedang berbincang dengan Jurgen Klopp (Zimbio)

BolaSkor.com - Mungkin, tak ada pemain sepak bola yang tidak pernah mengeluh kepada wasit. Pengadil lapangan tersebut sering menjadi kambing hitam dari kekalahan. Bahkan, tidak jarang, sang wasit menerima ancaman akibat kepemimpinannya yang dinilai buruk.

Contoh nyata dialami wasit yang memimpin pertandingan PAOK Salonika kontra AEK Athens, di Stadio Toumbas, Senin (11/3). Ketika itu, presiden klub PAOK, Ivan Savvidis, masuk ke lapangan dengan membawa pistol akibat tak terima gol timnya dianulir sang pengadil.

Namun, di tengah kontroversi yang kerap menyelubungi dunia pengadil lapangan hijau, tak jarang kita melupakan betapa sulitnya menjadi seorang wasit.

Sebagai contoh adalah wasit di Premier League, liga yang disebut-sebut menjadi kompetisi dengan intensitas dan kualitas yang paling rabung.

wasit
Wasit Premier League (Zimbio)

Menurut Professional Game Match Officials (PGMO), wasit Premier League membuat rata-rata 245 keputusan, hampir tiga kali lebih banyak daripada rata-rata pemain menyentuh bola (90). Hal itu berarti wasit setidaknya membuat satu keputusan setiap 22 detik.

Dari 245 keputusan tersebut, 60 di antaranya bersifat teknis (tendangan gawang, sudut, lemparan masuk), adapun 185 keputusan sisanya untuk menilai perilaku fisik atau tindakan indisipliner. Wasit rata-rata membukukan dua kesalahan per pertandingan. Artinya, 99,2 persen adalah keputusan yang tepat.

Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan