Secuplik Kisah Wolverhampton dan Sentuhan Emas Sang Super Agen

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 05 Agustus 2018
Secuplik Kisah Wolverhampton dan Sentuhan Emas Sang Super Agen
Wolverhampton Wanderers juara Championships 2017-18. (wolves)

BolaSkor.com - Seperti apa jika sebuah klub mendadak melesat tanpa tedeng aling-aling. Inilah yang terjadi pada Wolverhampton Wanderers, salah satu klub promosi yang tampil di Premier League musim ini.

Pada musim 2016-17, Wolverhampton hanya mampu finis di peringkat ke-15 klasemen Championships. Catatan ini setingkat lebih buruk ketimbang semusim sebelumnya saat Wolves ada di posisi ke-14. Dari posisi 14 dan 15, Wolves kemudian menggebrak menjadi kampiun Championships dan berhak tampil di kasta tertinggi sepak bola Inggris setelah terakhir kali mereka lakukan pada 2011-12 lalu.

Melesatnya klub yang pernah melambungkan karier Robbie Keane ini tidak lepas dari sentuhan Jorge Mendes. Agen Cristiano Ronaldo ini disebut ada di balik sukses Wolverhampton kembali ke Premier League. Sebelum membahas lebih lanjut kaitan sang super agen Mendes dengan Wolverhampton, ada baiknya terlebih dulu melihat ke belakang sepak terjang sang serigala.

Wolves sejatinya pernah menjadi sorotan ketika sukses promosi ke Premier League 2009-10 setelah mendominasi Championship. Di Premier League mereka hanya bisa bertahan selama dua musim dan The Wanderers akhirnya kembali ke divisi Championship setelah menjadi juru kunci pada musim ketiganya.

Terdepak dari Premier League mengguncang Wolves. Mereka bahkan tampil lebih buruk, saat kembali ke kasta kedua. Alhasil, Wolves yang dua musim sebelumnya berlaga di Premier League harus tergusur ke League One, kasta ketiga kompetisi Inggris.

Wolves sedikit demi sedikit melakukan pembenahan dan hanya butuh semusim bagi mereka untuk kembali ke Championships. Namun Wolves harus menunda ambisi kembali tampil ke Premier League. Karena The Wanderers gagal bersaing. Dalam tiga musim tiga kali mereka berganti arsitek.

Kenny Jackett yang membawa Wolves promosi kembali ke Championship digantikan Walter Zenga yang kemudian digeser oleh Paul Lambert. Di era Lambert pada musim 2016-17 Wolves finis di tangga ke-15. Namun banyak yang menyebut kegagalan itu lebih karena adanya campur tangan pihak ketiga. Di sinilah nama Jorge Mendes terdengar.

Premier League Wolverhampton wanderers
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan