Secuplik Sejarah Semifinal Piala Dunia, Ketika Benua Biru Mendominasi

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 08 Juli 2018
Secuplik Sejarah Semifinal Piala Dunia, Ketika Benua Biru Mendominasi
Semifinalis Piala Dunia 2018 (Zimbio)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 memasuki tahapan semifinal. Empat tim akan bertarung memperebutkan tempat di laga puncak.

Belgia yang sukses menyingkirkan wakil Amerika Selatan, Brasil, akan menantang Prancis yang juga berhasil mendepak wakil Amerika Latin lainnya, Uruguay.

Sedangkan di semifinal lain, Inggris akan bertemu Kroasia. Artinya, pada Piala Dunia 2018 terjadi All European Semifinal. Dan, dipastikan pula trofi Piala Dunia akan tetap bertahan di Benua Biru setelah empat tahun lalu dibawa pulang Jerman.

Sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia, ini bukanlah kali pertama babak semifinal mempertemukan tim-tim Eropa. Malah, ini merupakan kelima kalinya terjadi. Yang menarik, dari lima kesempatan tersebut, semua terjadi saat turnamen digelar di Eropa.

All European Semifinal pertama kali terjadi pada Piala Dunia 1934 di Italia. Kala itu empat besar dikuasai oleh tim-tim asal Eropa, Italia, Republik Ceko, Jerman, dan Austria.

Situasi serupa terulang pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Di empat besar Inggris lolos ke final setelah mengalahkan Portugal yang diperkuat Eusebio. Sedangkan Jerman Barat lolos ke laga puncak usai menekuk Uni Soviet. Inggris akhirnya menjadi juara seelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 lewat babak perpanjangan waktu.

Empat tim Eropa kembali hadir di semifinal pada Piala Dunia 1982. Pada turnamen yag dihelat di Spanyol itu, Italia, Jerman Barat, Polandia, dan Prancis mengisi empat tempat di semifinal. Italia pulang sebagai juara setelah membekuk Jerman Barat 3-1.

Kemudian, butuh 24 tahun untuk kembali menghadirkan empat tim di semifinal Piala Dunia. Pada 2006 di Jerman, semifinal menampilkan Italia, Jerman, Prancis, dan Portugal. Italia akhirnya sukses menjadi kampiun setelah mengalahkan Prancis lewat adu penaltidalam laga yang diwarnai aksi tandukan Zinedine Zidane.

Dan, 12 tahun kemudian, All European Semifinal pada Piala Dunia kembali tersaji di Rusia 2018. Terkait dengan tampilnya empat tim di semifinal, mengapun sebuah fakta unik: Piala Dunia 2018 merupakan turnamen pertama yang tidak menampilkan Argentina, Brasil, atau Jerman di babak semifinal.

Piala Dunia 2018 Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.100

Bagikan