Sederet Catatan Menarik dari Keberhasilan Spanyol Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 28 September 2022
Sederet Catatan Menarik dari Keberhasilan Spanyol Lolos ke Semifinal UEFA Nations League
Portugal 0-1 Spanyol (@EURO2024)

BolaSkor.com - Timnas Portugal hanya terpaut dua menit plus tambahan waktu untuk bisa lolos ke semifinal UEFA Nations League, menyusul Belanda, Kroasia, dan Italia, tetapi pada akhirnya Spanyol menggagalkan upaya tersebut.

Bertanding di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/09) dini hari WIB, Portugal kalah 0-1 dari Spanyol melalui gol telat Alvaro Morata di menit 88. Spanyol terus menggempur pertahanan Portugal dengan 68 persen penguasaan bola.

Portugal tak mampu mencetak gol meski Fernando Santos telah memainkan Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, Joao Felix, dan Rafael Leao. Dengan hasil tersebut Spanyol lolos ke semifinal Nations League dan duduk di puncak klasemen dengan 11 poin dari enam laga, disusul Portugal di urutan dua dengan 10 poin di Liga A Grup 2 Nations League.

Baca Juga:

Portugal Vs Spanyol: Saling Bunuh demi Tiket Semifinal

Hasil UEFA Nations League: Portugal Dikalahkan Spanyol

Hasil UEFA Nations League: Inggris Diimbangi Jerman, Italia Lolos ke Semifinal

“Ini adalah olahraga yang luar biasa di mana kemenangan adalah penawar terbaik untuk kesedihan apapun. Portugal adalah tim papan atas. Di babak pertama, saya banyak bersikeras, mungkin terlalu banyak, untuk menguasai bola dan kami melakukannya," terang pelatih Spanyol, Luis Enrique.

"Jelas bahwa kami lebih suka mengontrol operan di pertahanan lawan. Babak pertama diperlukan untuk menunjukkan bahwa bola adalah milik kami. Di babak kedua saya merasa bahwa gol akan datang. Kami berhasil kembali ke empat besar dan itu adalah kebahagiaan yang luar biasa."

Sementara Fernando Santos, pelatih Portugal, menyayangkan kans timnya dalam mengonversi peluang menjadi gol dan sebaliknya, Spanyol mencetak gol dengan sedikit peluang nyata yang mereka hasilkan.

“Kami harus mempertahankan pola permainan yang sama terlepas dari lawan. Kami berhasil melakukan ini untuk sementara waktu. Kami mengedarkan bola, menekan dan menciptakan peluang. Di babak kedua, kami bertahan lebih tinggi di lapangan," imbuh Fernando Santos.

"Kemudian kami kehilangan kemampuan untuk menjaga penguasaan bola. Kami memenangkan bola dan kami tidak bisa memulai permainan kami. Spanyol mulai menekan dan tanpa memiliki peluang nyata, kami mencetak gol."

Dari pertandingan tersebut BolaSkor telah merangkum beberapa fakta menarik melalui berbagai sumber, berikut penjabaran lengkapnya:

1. Spanyol akan bermain di semifinal Nations League untuk dua musim beruntun, setelah finish sebagai runner-up pada 2020-2021, tim kedua yang melakukannya setelah Italia.

2. Pada usia 20 tahun dan 77 hari, Nico Williams jadi pemain termuda untuk Spanyol yang memberikan assist dalam sejarah Nations League.

3. Tidak ada pemain yang mencetak gol untuk Spanyol di seluruh kompetisi lebih dari Alvaro Morata, ketika dilatih Luis Enrique (13 gol sama dengan Ferran Torres).

4. Cristiano Ronaldo telah memainkan sembilan laga lawan Spanyol dan gagal mencetak gol atau memberikan assist pada delapan laga di antaranya.

UEFA Nations League Portugal Timnas Portugal Spanyol Timnas Spanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan