Sederet Catatan Menarik dari Kemenangan Man City atas Liverpool di Etihad Stadium

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 01 April 2023
Sederet Catatan Menarik dari Kemenangan Man City atas Liverpool di Etihad Stadium
Manchester City 4-1 Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Inkonsistensi bermain Liverpool tidak berubah pasca jeda internasional di bulan Maret. Sebelum jeda mereka kalah 0-1 melawan Bournemouth dan setelah jeda The Reds dipermalukan Manchester City.

Pada pekan 29 Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (01/04) malam WIB, Man City menang telak 4-1 atas Liverpool melalui gol yang dicetak Julian Alvarez (27'), Kevin De Bruyne (46'), Ilkay Gundogan (53'), dan Jack Grealish (74') yang membalas gol cepat Mohamed Salah (17').

Liverpool praktis dibuat tak berkutik dengan 69 persen penguasaan bola dan hanya punya satu tendangan tepat sasaran dari empat percobaan. Sementara tuan rumah punya 17 tendangan (delapan tepat sasaran).

Hasil itu tetap membawa Man City berada di jalur perburuan titel liga melawan Arsenal, sementara Liverpool gagal memangkas jarak poin dengan tim-tim yang ada di zona Liga Champions.

Baca Juga:

Soal Persaingan Juara, Guardiola Tidak Melihat Pengalaman Menguntungkan Manchester City

Manchester City 4-1 Liverpool: The Citizens Belum Menyerah Kejar Arsenal

Demi Misi Kebangkitan, Liverpool Butuh Bek Kanan Baru Pesaing Alexander-Arnold

Liverpool kalah tetapi satu-satunya gol yang dicetak Mo Salah di Etihad Stadium mengukir catatan baginya dan Liverpool. Seperti dikutip dari Goal, Mo Salah mengukir gol tandang terbanyak untuk Liverpool di Premier League.

Mo Salah mencetak 56 gol dan melewati catatan gol legenda Liverpool, Michael Owen, yang mencatatkan 55 gol. Sejak datang ke Liverpool rekor demi rekor dipecahkan Mo Salah.

Pada musim pertamanya ia mencetak 32 gol, menjadi pemain pertama yang melakukannya dari 38 laga. Total sampai saat ini Mo Salah mencetak 179 gol untuk Liverpool di seluruh kompetisi.

Sayang bagi Liverpool catatan Mo Salah itu tidak dibarengi dengan hasil yang bagus di Etihad Stadium. BolaSkor juga telah merangkum sejumlah fakta menarik dari laga tersebut, berikut ulasan lengkapnya:

1. Man City mendapatkan kemenangan kandang ke-100 di Premier League di bawah arahan Pep Guardiola, dalam 128 laga di Etihad Stadium: imbang 16 kali dan 12 kali kalah. Guardiola jadi pelatih tercepat yang mencapainya mengalahkan Arsene Wenger (139 laga).

2. Liverpool telah kalah 5 kali dari 10 laga Premier League pada 2023, sudah banyak kalah dari sepanjang 2022 (35 laga, 24 kemenangan, 7 hasil imbang, 4 kekalahan).

3. Mo Salah pemain Liverpool pertama yang mencetak gol di empat laga berbeda melawan satu tim di musim yang sama, sejak Ian Rush melakukannya melawan Everton (1986-1987).

4. Pep Guardiola jadi pelatih pertama yang mengalahkan Jurgen Klopp 10 kali dalam karier kepelatihannya.

5. Riyad Mahrez kini jadi pemberi assists terbanyak ketimbang pemain Afrika lainnya dalam sejarah Premier League, melewati Didier Drogba: 274 penampilan, 82 gol, 56 assists.

6. Liverpool telah kalah 8 kali di delapan laga tandang Premier League musim ini. Itu jadi yang terbanyak sejak Jurgen Klopp jadi pelatih klub.

Premier League Liverpool Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan