BolaSkor.com - Ukraina secara dramatis lolos ke babak perempat final Piala Eropa 2020. Zhovto-Blakytni mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu, pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (40/6) dini hari WIB.

Ukraina unggul melalui Oleksandr Zinchenko pada menit ke-27. Menerima bola umpan Andriy Yarmolenko, Zinchenko meneruskannya dengan sepakan kaki kiri.

Lalu Swedia menyamakan kedudukan melalui sepakan keras Emil Forsberg pada menit ke-43. Ia menerima umpan Alexander Isak.

Ukraina akhirnya meraih kemenangan setelah Bola umpan Zinchenko di sisi kiri diselesaikan dengan sundulan yang baik oleh Artem Dovbyk, pada menit ke-120+1.

Ada sederet fakta menarik yang mengiringi Ukraina melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2020. Apa saja itu? Berikut fakta menarik keberhasilan Ukraina ke perempat final Piala Eropa 2020, yang disusun BolaSkor.com:

Baca Juga:

Bintang Laga Swedia Vs Ukraina: Oleksandr Zinchenko, Pembeda Zhovto-Blakytni

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020 - Swedia 1-2 Ukraina: Zhovto-Blakytni Tantang Inggris

Ukraina
Timnas Ukraina. (Twitter)

1. Ukraina masuk perempat final Piala Eropa untuk pertama kalinya. Satu-satunya perempat final turnamen resmi yang diikuti Ukraina adalah Piala Dunia 2006, sebelumnya dikalahkan Italia 0-3, yang akhirnya menjadi juara di Piala Dunia 2006.

2. Gol Dovbyk adalah yang pertama untuk Ukraina pada penampilan ketiganya.

3. Dovbyk dan Zinchenko masuk ke dalam daftar lima pemain yang mencetak gol untuk Ukraina di Piala Eropa. Sebelumnya, ada pelatih kepala saat ini Andriy Shevchenko, Andriy Yarmolenko, dan Roman Yaremchuk.

4. Zinchenko telah mencetak gol dalam tujuh pertandingan untuk Ukraina. Ukraina pun tidak terkalahkan ketika dirinya mencetak gol. Lima kemenangan dan satu imbang.

5. Ukraina tidak bisa menjaga clean sheet di Piala Eropa 2020, selain melawan Makedonia Utara.

6. Swedia kebobolan di babak pertama untuk pertama kalinya pada tahun 2021, dalam pertandingan kesembilan mereka.

7. Forsberg adalah pemain Swedia pertama yang mencetak empat gol di satu turnamen Piala Eropa.

8. Forsberg telah menyamai rekor gol nasional Tomas Brolin dalam tiga pertandingan Piala Eropa berturut-turut untuk Swedia.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini