BolaSkor.com - Undian babak 16 besar Liga Champions 2022-2023 telah dilakukan. Dari sejumlah laga yang akan tersaji, ada beberapa fakta menarik yang mengiringinya.

UEFA menggelar undian babak 16 besar Liga Champions di markasnya, Nyon, Swiss, Senin (7/11). Prosesi ini dipimpin oleh Hamit Altintop selaku perwakilan dari venue partai final.

Dari delapan pertandingan yang akan tersaji, dua layak mendapat sorotan lebih. Kedua laga yang dimaksud adalah duel Liverpool kontra Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG) melawan Bayern Munchen.

Baca Juga:

Undian Babak 16 Besar Liga Champions: Liverpool Tantang Real Madrid, PSG Jumpa Bayern Munchen

Liga Champions: Mengapa Benfica Kalahkan PSG dalam Perebutan Juara Grup H?

16 Tim di Fase Gugur Liga Champions 2022-2023, Tidak Ada Juventus dan Barcelona

Ini merupakan ulangan final edisi 2022 dan 2020. Pada momen tersebut, Madrid dan Munchen tampil sebagai pemenang.

Meski begitu, enam pertandingan lainnya juga menjanjikan tontonan menarik. Tidak ada tim yang dapat melewati fase ini dengan mudah.

Leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan berlangsung pada 14-15 dan 21-22 Februari. Sementara leg kedua digelar pada 7-8 dan 14-15 Maret.

Undian babak 16 besar Liga Champions ini juga menghasilkan sederet fakta menarik. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Real Madrid tidak pernah kalah dalam enam laga terakhir kontra Liverpool di Liga Champions. Rekornya adalah lima kali menang dan satu kali imbang termasuk kemenangan pada dua laga final edisi 2018 serta 2022.

2. Vinicius Junior (bersama Wissam Ben Yedder) telah mencetak tiga gol kontra Liverpool asuhan Jurgen Klopp di Liga Champions. Tidak ada pemain lain yang mampu mencetak gol lebih banyak.

3. Liverpool kalah dalam tiga pertemuan kontra Real Madrid ketika sang lawan berstatus juara bertahan Liga Champions. The Reds hanya mampu mencetak satu gol dan kebobolan tujuh gol dari tiga laga tersebut.

4. PSG mampu memenangi enam pertandingan kontra Bayern Munchen di kompetisi Eropa. Hanya Real Madrid yang memiliki jumlah kemenangan lebih banyak (12 buah) kontra raksasa Jerman tersebut.

5. Pertemuan PSG dan Bayern Munchen merupakan duel dua tim tak terkalahkan di fase grup. Ini menjadi kali keempat dalam lima musim terakhir dua tim dengan status tersebut bertemu pada babak 16 besar Liga Champions.

6. Eintracht Frankfurt menyapu bersih dua pertemuan kontra Napoli di kompetisi Eropa dengan kemenangan. Wakil Jerman itu menang 1-0 pada dua pertemuan di babak 16 besar Piala UEFA 1994-1995.

7. Antonio Conte sudah mencatatkan sepuluh kemenangan kontra AC Milan dalam karier kepelatihannya. Itu merupakan rekor terbaiknya dalam menghadapi sebuah klub di semua kompetisi.

8. AC Milan tak pernah menang kontra Tottenham dalam empat pertemuan di kompetisi Eropa. Rekornya adalah dua kekalahan dan dua hasil imbang.

9. Manchester City hanya kalah satu kali dari 17 pertemuan kontra wakil Jerman di Liga Champions. Namun satu-satunya kekalahan tersebut diberikan oleh RB Leipzig pada Desember tahun lalu.

10. Penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku menjadi satu dari tiga pemain yang mampu membukukan hat-trick kontra Manchester City asuhan Pep Guardiola.

11. Pierre-Emerick Aubameyang yang kini memperkuat Chelsea merupakan top skorer kedua Borussia Dortmund sepanjang abad ke-21. Torehan 141 golnya dari 213 laga hanya kalah dari Marco Reus dengan 156 gol.