BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 akan dibuka melalui laga antara timnas Italia (salah satu tuan rumah) melawan Turki di Stadio Olimpico, Sabtu (12/06) pukul 02.00 dini hari WIB. Sejumlah fakta menarik mengiringi laga itu.

Pelatih kedua tim, Senol Gunes (Turki) dan Roberto Mancini (Italia), sama-sama sepakat apabila pertandingan pertama selalu penting. Itu akan menjadi pijakan untuk memainkan dua pertandingan setelahnya.

"Hasil yang kami dapatkan di pertandingan pertama itu penting; imbang atau menang dapat menyebabkan kebingungan di grup. Saya harap begitu. Saya ingin melihat kekuatan kami di pertandingan pertama; bahkan jika kami kalah, penting untuk bermain dengan baik. Berpartisipasi di Piala Eropa sukses, tetapi tidak bisa berakhir di sana!" tegas Gunes di laman resmi UEFA.

"Turki adalah tim yang kuat, karena para pemain mereka bagus secara teknik dan fisik yang kuat. Mereka telah meningkat pesat. Ini akan menjadi pertandingan yang sama melawan Swiss dan Wales. Grup ini cukup sulit. Anda tidak akan menemukan tim yang lemah dalam pertandingan di kompetisi seperti ini," imbuh Mancini.

Baca Juga:

Televisi Berbayar yang Menyiarkan Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Peringatan Eks Pelatih Turki kepada Timnas Italia

Piala Eropa 2020: Wajib Vaksin dan Tes COVID-19 di Wembley

Roberto Mancini dan Marco Verratti

Italia tim unggulan juara dan juga pemenang di laga nanti, tetapi Turki tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi ada beberapa pemain mereka yang bermain di Serie A seperti Hakan Calhanoglu (AC Milan) dan Merih Demiral (Juventus).

Gelandang Italia Manuel Locatelli juga mengutarakan kesiapan Gli Azzurri menjelang laga melawan Turki. Dia berjanji Italia akan mengerahkan segalanya kontra Turki.

"Berada di sini adalah sesuatu yang saya impikan sebagai seorang anak. Saya tidak tahu formasi mana yang akan dipilih pelatih tetapi kami akan berusaha untuk siap," tambah Locatelli.

"Kami akan mengambilalih lapangan untuk Italia, itu adalah tanggung jawab yang semua pemain ingin ambil. Ini suatu kebanggaan. Mewakili Italia adalah sesuatu untuk diberitahukan kepada anak-anak Anda. Kami akan memberikan segalanya untuk Italia."

Berikut sederet fakta-fakta menarik menjelang pertandingan antara Italia vs Turki yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Italia tak pernah kalah dari Turki di 10 laga terakhir (tujuh kemenangan dan tiga hasil imbang), menderita hanya satu kekalahan dari delapan laga pembuka di Piala Eropa sejak 1980.

2. Pertemuan terakhir terjadi pada Piala Eropa 2000 kala Italia menang 2-1 via gol Antonio Conte dan Filippo Inzaghi, yang diperkecil Okan Buruk.

3. Italia mencatatkan clean sheets di lima laga pertama melawan Turki, tapi kebobolan satu gol di tiap laga pada lima pertemuan terakhir.

4. Senol Gunes adalah kiper Turki kala kalah 0-1 dari Italia di Florence pada laga uji coba (23 September 1978).

5. Pada laga-laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 Turki hanya kebobolan tiga gol, terbaik bersama Belgia dari sisi defensif dan mencatatkan delapan clean sheets.

6. Italia mencatatkan 11 kemenangan beruntun dengan laga terakhir menang 9-1 atas Armenia di laga kualifikasi.