Sederet Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Dibantai Thailand

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 29 Desember 2021
Sederet Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Dibantai Thailand
Aksi gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, melawan Thailand. (AFF)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia harus kalah dengan skor telak 0-4 Thailand, pada babak pertama laga semifinal pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (29/12) malam WIB.

Thailand lansung berhasil mencetak gol melalui kapten Chanathip Songkrasin pada menit kedua. Berawal dari kesalahan passing pemain Timnas Indonesia, bola direbut Philip Poller langsung dikirim ke Chanatip.

The War Elephants baru menggandakan kedudukan di babak kedua tepatnya menit ke-53 melalui Chanathip. Bola umpan Supachok Sarachat diteruskan Chanathip yang muncul dari lini kedua. Skor 2-0 untuk Thailand.

Baca Juga:

Piala AFF 2020: Dikurung, Timnas Indonesia Tertinggal dari Thailand di Babak I

Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Thailand: Ezra-Egy Cadangan, Lawan Tanpa Bihr

Thailand memperlebar keunggulan melalui Suphacok pada menit ke-67. Bola umpan Poller disambut Suphacok dengan tendangan mendatar. Skor 3-0 untuk Thailand.

Timnas Indonesia kembali kebobolan melalui sepakan Bordin Phala. Skor 4-0 untuk Thailand bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya, kedua tim kembali bertanding pada laga kedua di National Stadium, Sabtu (1/1). Timnas Indonesia harus membutuhkan kemenangan dengan margin lima gol untuk bisa menjadi juara. Sedangkan Thailand hanya membutuhkan minimal kalah dengan margin tiga gol.

Pertandingan tersebut melahirkan sejumlah fakta menarik, apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Ini kemenangan ke-40 Thailand sepanjang sejarah melawan Timnas Indonesia. Thailand masih unggul dengan 40 kemenangan, 15 imbang, dan 25 kekalahan.

2. Di Piala AFF, ini kemenangan ke-10 Thailand melawan Timnas Indonesia. Thailand unggul dengan 10 kemenangan dan hanya 3 kekalahan.

3. Dua gol dari Chanathip Songkrasin menempatkannya memuncaki klasemen sementara top skorer dengan 4 gol. Ia bersama Teerasil Dangda (Thailand), Bievenido Maranon Morejon (Filipina), dan Safawi Rasid (Malaysia).

4. Gol Supachok Sarachat merupakan gol ketiganya ke gawang Timnas Indonesia dalam jangka waktu tiga tahun.

Dia pernah mencetak dua gol saat kalahkan Timnas Indonesia 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ini juga menjadi gol ketiga Supachok di Piala AFF 2020. Sama dengan perolehan Irfan Jaya (Indonesia) dan Ikhsan Fandi (Singapura).

5. Ini kemenangan terbesar Thailand di Piala AFF 2020 sama seperti melawan Myanmar (4-0).

6. Ini kekalahan perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, sekaligus kekalahan terbesar.

7. Ini kekalahan terbesar Timnas Indonesia di Piala AFF. Melewati rekor kekalahan dari Malaysia (0-3) pada final Piala AFF 2016.

Timnas Indonesia Thailand Timnas Thailand Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.152

Bagikan