BolaSkor.com - Premier League 2022-2023 akan segera dimulai. Sejumlah hal baru dipastikan tersaji pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Premier League musim ini akan tetap diikuti 20 klub peserta. Nottingham Forest, Bournemouth, dan Fulham yang berstatus tim promosi akan meramaikan persaingan.

Duel Crystal Palace kontra Arsenal akan membuka panasnya persaingan Premier League 2022-2023. Laga ini berlangsung di Selhurst Park Stadium, Sabtu (6/8) dini hari WIB.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Premier League Akhir Pekan Ini: Derby London Jadi Laga Pembuka

Prediksi dan Statistik Palace Vs Arsenal: Mimpi Buruk The Gunners

5 Calon Top Skorer Premier League 2022-2023: Liverpool Punya Dua Wakil

Premier League kini menyandang sebagai salah satu kompetisi terbaik di Eropa dan dunia. Persaingan antar klub-klub yang terlibat memang sangat sengit.

Meski sudah menjadi salah satu yang terbaik, operator Premier League tak mau berpuas diri. Sejumlah inovasi juga akan dicoba demi meningkatkan kualitas pertandingan.

Setidaknya ada tujuh hal baru yang akan tersaji di Premier League 2022-2023. Berikut ini rinciannya:

1. Kembalinya 5 Pergantian Pemain

Operator Premier League kembali menerapkan regulasi lima pergantian pemain. Aturan ini sebenarnya sudah pernah diterapkan pada saat kompetisi bergulir kembali usai jeda karena pandemi virus corona.

Namun Premier League menghapus aturan ini pada musim lalu. Sebagai gantinya, regulasi tiga pergantian pemain kembali diterapkan.

Langkah operator Premier League itu nyatanya mendapat protes dari banyak klub. Apalagi liga-liga elite Eropa lain juga masih menerapkan regulasi lima pergantian pemain karena masih adanya ancaman virus corona.

Belajar dari pengalaman musim lalu, operator Premier League akhirnya kembali menerapkan lima pergantian pemain. Namun kesempatannya tetap hanya tiga kali dalam setiap laga.


2. Sistem Multi-bola

Salah satu terobosan baru pada Premier League 2022-2023 adalah sistem multi-bola. Hal ini diprediksi akan membuat waktu yang terpotong saat bola keluar akan terpangkas secara signifikan.

Dalam regulasi baru ini, total 10 bola akan disiapkan dalam setiap pertandingan. Salah satunya untuk digunakan dan satu lainnya menjadi cadangan di meja wasit cadangan.

Sementara delapan bola sisanya tersebar di sisi-sisi lapangan. Para pemain bisa langsung menggunakannya andai bola pertandingan yang sebelumnya digunakan melambung ke tribun penonton.

Regulasi ini sebenarnya juga sempat digunakan saat kompetisi dimulai kembali pasca rehat karena pandemi virus corona. Ketika itu pertandingan memang digelar tanpa penonton dan anak gawang demi meminimalisir penyebaran virus.


3. Wasit Baru

Empat wasit baru akan melakoni debut di Premier League 2022-2023. Mereka adalah Tom Bramall, Natalie Aspinall, Nick Greenhalgh dan Steve Meredith.

Kehadiran para pengadil baru tersebut tak lepas dari naik jabatannya empat wasit senior. Nama-nama populer seperti Mike Dean, Kevin Friend, Jon Moss dan Martin Atkinson memang telah diberi peran baru setelah usianya mencapai batas maksimal untuk seorang wasit Premier League.


4. Perubahan Aturan Penalti dan Offside

Dua aturan pertandingan baru juga akan diterapkan di Premier League 2022-2023. Langkah ini mengikuti keputusan dari IFAB selaku lembaga yang mengatur peraturan sepak bola.

Salah satu aturan yang diubah adalah terkait penalti. Sekarang satu kaki kiper harus tetap menginjak atau berada di garis gawang saat penendang melakukan eksekusi.

Sebelumnya, kiper boleh bergerak ke depan atau belakang saat melakukan lompatan untuk menggagalkan upaya penendang. Namun sekarang sang penjaga gawang tidak boleh meninggalkan garis gawang.

Aturan baru lainnya yaitu terkait offside. Sekarang pemain yang berada dalam posisi offside tidak otomatis berubah menjadi onside andai bola yang bergulir ke arahnya berasal dari sentuhan lawan.

“Meskipun UU 11 (offside) tidak secara eksplisit berubah, pedoman baru menjelaskan bahwa pemain penyerang yang offside tidak akan secara otomatis menjadi onside saat pemain bertahan menyentuh bola, kecuali jika itu adalah penyelamatan,” tulis keterangan Premier League.


5. Penundaan Pertandingan

Sebuah pertandingan Premier League 2022-2023 bisa ditunda dengan syarat tertentu. Hal ini untuk mewaspadai kembali meningkatnya tingkat kasus virus corona.

Sekarang jika klub memiliki jumlah pemain yang tidak mencukupi, permintaan klub tersebut untuk menunda laga kepada dewan akan terus dipertimbangkan berdasarkan fakta mereka dan dinilai berdasarkan kasus per kasus. Persetujuan untuk menunda pertandingan hanya akan diberikan dalam kasus luar biasa.


6. Aksi Berlutut

Aksi berlutut sebelum laga akan tetap mewarnai Premier League 2022-2023. Namun tradisi ini tidak akan dilakukan dalam setiap pertandingan.

Para kapten dari 20 klub peserta sudah sepakat untuk menentukan waktu dilakukannya aksi berlutut. Hal itu hanya akan dilakukan pada pekan pembuka, laga di bulan Oktober dan Maret (masa kampanye rasisme), boxing day, dan pekan terakhir.


7. Jeda Paruh Musim

Hal baru lain yang akan tersaji di Premier League 2022-2023 adalah libur paruh musim. Ini belum pernah terjadi pada musim-musim sebelumnya.

Namun regulasi ini memang harus dilakukan karena adanya gelaran Piala Dunia 2022 pada periode akhir November hingga Desember. Para bintang-bintang Premier League untuk sejenak akan menjalani tugas negara.