Sederet Informasi Mengenai Rekor Transfer Chelsea di Inggris, Enzo Fernandez

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 02 Februari 2023
Sederet Informasi Mengenai Rekor Transfer Chelsea di Inggris, Enzo Fernandez
Enzo Fernandez (Laman Resmi Chelsea)

BolaSkor.com - Kabar yang dinanti fans Chelsea akhirnya muncul di laman resmi The Blues. Chelsea telah resmi mengenalkan rekor transfer mereka di Inggris, Enzo Fernandez, yang dikontrak hingga 2031 dan direkrut sebesar 105,6 juta poundsterling dari Benfica.

Enzo Fernandez (22 tahun) jadi rekrutan kedelapan Chelsea era Todd Boehly pada Januari ini setelah Noni Madueke, Mykhailo Mudryk, David Datro Fofana, Andrey Santos, Benoit Badiashile, Joao Felix, dan Malo Gusto. Total Chelsea sudah mengeluarkan 288 juta poundsterling untuk belanja pemain.

Fernandez dibuat kagum dengan Chelsea yang berusaha keras mengamankan servisnya. Pemain berpaspor Argentina itu pun tak sabar untuk segera membantu rekan setim barunya dan menargetkan trofi untuk Chelsea.

Baca Juga:

5 Pemain yang Gagal Hengkang pada Deadline Day Transfer Musim Dingin 2023

Gagal ke PSG, Hakim Ziyech Masih Berpeluang Meninggalkan Chelsea

Dikenalkan Chelsea, Enzo Fernandez Salut dengan Kegigihan The Blues

"Saya berterima kasih kepada Chelsea dan pemiliknya karena melakukan semua yang mereka bisa untuk menjadikan saya bagian dari proyek ini," papar Enzo Fernandez di laman resmi Chelsea.

"Saya senang dan bersemangat untuk bergabung dengan Pride of London, untuk bermain di liga terbaik di dunia dan bersaing untuk mendapatkan trofi terbesar. Saya tidak sabar untuk bermain di depan para penggemar kami dan membantu rekan satu tim saya di dalam dan di luar lapangan."

Menilik catatan dari laman resmi Chelsea, berikut sederet informasi menarik mengenai Enzo Fernandez:

1. Asal Enzo Fernandez

Lahir di San Martin, pinggiran Buenos Aires pada Januari 2001, Enzo Fernandez gabung River Plate pada usia lima tahun setelah tampil bagus di tim lokal, Club La Recova. Ayahnya memberi namanya Enzo Francescoli, legenda River yang bermain sebagai gelandang.

2. Posisi Bermain Enzo Fernandez

Fernandez selalu jadi gelandang tengah. Ia datang dari akademi River Plate dan dipanggil ke tim cadangan pada 2019. Dengan cepat Fernandez langsung memainkan laga pertamanya di level tersebut dan mengambil langkah penting dalam karier senior, kemudian berada di bangku cadangan tim utama River ketika tim kalah dari Patronato - tepat sepekan sebelum ulang tahunnya ke-18.

Pelatih River, Marcelo Gallardo, perlahan memantau perkembangan Fernandez dan menanti hingga Maret 2020 sebelum ia diberi debut dengan River pada ajang Copa Libertadores kontra LDU Quito. Setelahnya, Gallardo menyarankan Fernandez dipinjamkan untuk menambah pengalamannya.

Fernandez pun bergabung dengan tim arahan Hernan Crespo, Defensa y Justicia. Dalam kurun waktu sembilan bulan dengan salah satu klub kecil di Buenos Aires, Fernandez cukup sukses. Ia menambah pengalaman dan mengembangkan kemampuannya.

Fernandez berkembang di bawah arahan mantan penyerang Inter Milan dan Chelsea tersebut, khususnya di lini tengah dan sistem pressing yang dilakukan Justicia.

3. Trofi yang Dimenangkan Enzo Fernandez

Bersama Justicia, Fernandez bermain bagus di Copa Sudamericana (seperti halnya Liga Europa di Eropa). Fernandez membantu Justicia menang agregat gol 4-2 di semifinal melawan Coquimbo Unido pada Januari 2021, kemudian bermain bagus di final melawan Lanus.

Justicia menang 3-0 atas Lanuz di final dan memenangi trofi pertama pada generasi tersebut, serta pertama sepanjang masa pada trofi kontinental. Kesuksesan Fernandez berlanjut ke ajang Recopa Sudamericana (seperti Piala Super Eropa).

Melawan juara Copa Libertadores, Palmeiras, Fernandez membantu Justicia membalikkan agregat gol hingga sama kuat 3-3 dan Justicia menang 4-3 pada drama adu penalti. Performa apiknya itu sudah cukup bagi Gallardo memanggilnya kembali ke River.

Kembali dengan River, Fernandez menggunakan pengalamannya di Justicia dengan baik dan jadi pemain andalan di lini tengah. River memenangi titel liga dan Fernandez jadi pemain kunci bagi River. Dalam kurun waktu setahun ia sudah memenangi tiga trofi.

Tak butuh waktu lama bagi Benfica merekrutnya pada 2022 dan di tahun tersebut, Fernandez berandil besar membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 di tim yang dipimpin Lionel Messi. Ia pun terpilih jadi Pemain Muda Terbaik turnamen.

4. Gol dan Laga

Enzo Fernandez meninggalkan Benfica dengan 29 penampilan, menorehkan empat gol, dan memberikan tujuh assists.

5. Caps Internasional

Fernandez sudah masuk skuad Argentina besutan Lionel Scaloni pada laga-laga uji coba September, masuk dari bangku cadangan ketika menang melawan Honduras dan Jamaika, itu jadi dua caps dari total 10 untuk Argentina. Ia pun dibawa ke Piala Dunia 2022.

Fernandez membantu timnas Argentina menang 2-0 atas Meksiko setelah kalah mengejutkan lawan Arab Saudi di fase grup. Fernandez tak pernah melewatkan satu pun laga di Piala Dunia, jadi andalan di lini tengah bersama Mac Allister dan Rodrigo De Paul.

Dengan kemampuanya membaca permainan, mengatur serangan dari tengah, Fernandez membantu Argentina juara Piala Dunia untuk kali pertama setelah 1986 dan ia terpilih jadi Pemain Muda Terbaik.

Hanya dua pemain Chelsea, Mateo Kovacic dan Hakim Ziyech, dengan tekel lebih sukses ketimbang Fernandez di Piala Dunia 2022. Akurasi operannya sebanyak 88 persen juga ada di urutan tertinggi. Tak heran Lionel Messi memujinya sebagai pemain spektakuler.

6. Usia, Tinggi, dan Nomor Punggung

Enzo Fernandez mengenakan nomor punggung 5 yang sebelumnya dikenakan Jorginho, yang pergi ke Arsenal. Di Benfica Fernandez menggunakan nomor punggung 13.

Fernandez bertinggi badan 1,78 meter atau 5 kaki 10 inci. Lahir pada 17 Januari 2001, baru-baru ini Fernandez berumur 22 tahun.

Enzo Fernandez Chelsea Sosok Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan