BolaSkor.com - Pada musim panas 2021 Chelsea merogoh kocek dalam-dalam sebesar 97,5 juta poundsterling, atau sekiranya 115 juta euro untuk memboyong Romelu Lukaku dari Inter Milan.

Lukaku hadir sebagai satu dari tiga rekrutan anyar The Blues pada musim panas selain Marcus Bettinelli dan Saul Niguez. Kehadirannya melengkapi skuad arahan Thomas Tuchel setelah klub belanja besar-besaran pemain pada musim panas 2020.

Kebutuhan Chelsea akan sosok striker seperti Lukaku, seorang target man yang dapat menahan bola dan punya penyelesaian akhir bagus, banyak mendulang gol, memang mendesak di musim panas ini.

Tak ayal Chelsea merekrut kembali Lukaku setelah ia mempersembahkan Scudetto untuk Inter. Kendati demikian, dari kasus transfer Lukaku itu juga Chelsea mendapatkan pembelajaran berharga.

Baca Juga:

Chelsea Buka Pintu Pulangkan Eden Hazard

Chelsea Rekrut Romelu Lukaku, Thomas Tuchel Minta Maaf ke Suporter Inter

5 Pemilik Klub Terkaya di Premier League

Chelsea sedianya tak perlu mengeluarkan uang sebesar itu jika memiliki klausul pembelian kembali dalam kontrak Lukaku, sebab striker asal Belgia pernah membela Chelsea di periode pertama dari 2011-2014.

Kasus serupa juga seyogyanya terjadi kepada Manchester United kepada Paul Pogba. Tak ayal saat ini banyak klub yang menyertakan klausul pembelian kembali untuk pemain yang pergi, tapi dengan potensi perkembangan di masa depan.

Klausul pembelian kembali itu memungkinkan mantan klub merekrut eks pemainnya dengan harga yang murah. Belajar dari transfer Lukaku itu, ada beberapa pemain yang memiliki klausul pembelian kembali yang dapat diaktifkan Chelsea. Siapa saja?

1. Tino Livramento

Chelsea terpaksa melepasnya karena kontraknya tinggal semusim lagi. Southampton datang merekrutnya sebesar lima juta poundsterling dan tak butuh waktu lama bagi Ralph Hasenhuttl memercayainya.

Tino Livramento yang baru berusia 18 tahun sudah tampil tiga kali untuk The Saints, menggeser posisi Kyle Walker-Peters di sisi kanan pertahanan Southampton. Chelsea dapat merekrut Livramento pada harga 25 juta poundsterling.

2. Tammy Abraham

Lukaku datang dan keberadaan Timo Werner di lini depan Chelsea membatasi jam bermain Tammy Abraham. Tak ayal striker asal Inggris pergi dari klub yang sudah dibelanya sejak usia enam tahun (total 17 tahun di klub).

AS Roma yang mencari pengganti Edin Dzeko merekrutnya sebesar 34 juta poundsterling. Penyerang berusia 23 tahun langsung menjadi pilihan utama Jose Mourinho di lini depan Il Giallorossi.

Dua gol dan tiga assists dari dua laganya menjadi bukti penampilan hebat Abraham. Chelsea tahu Abraham masih dapat mengembangkan permainannya, tak ayal mereka menempatkan klausul pembelian kembali sebesar 68 juta poundsterling terhitung sejak 2023.

3. Tino Anjorin

Sempat bermain di tim utama Chelsea ketika tim dilatih Frank Lampard dan juga oleh Thomas Tuchel. Skema transfer Tino Anjorin tak sama dengan Livramento dan Abraham, sebab pemain berusia 19 tahun terlebih dahulu jadi pemain pinjaman di klub Rusia Lokomotiv Moscow.

Lokomotiv memiliki opsi permanen pada harga 17 juta poundsterling. Apabila mereka mengaktifkan opsi permanen itu, maka Chelsea akan langsung memiliki klausul pembelian kembali pada harga 25 juta poundsterling.

Itu tiga nama yang dapat direkrut kembali oleh Chelsea karena klausul pembelian kembali. Selain mereka ada pemain-pemain eks Chelsea yang tak punya klausul pembelian kembali seperti Nathan Ake, Bertrand Traore, Nathaniel Chalobah, dan Jeremie Boga.