BolaSkor.com - Inter Milan mengakhiri Derby d'Italia melawan Juventus di final Piala Super Spanyol, Kamis (13/01) dini hari WIB, sebagai pemenang di Giuseppe Meazza. Il Nerazzurri menang dengan skor 2-1.

Tidak mudah bagi Inter memenangi laga yang berlansung sampai babak tambahan tersebut. Sempat tertinggal dari gol Weston McKennie (25'), Inter sabar dalam permainan mereka dan pada akhirnya mencetak gol penyama kedudukan di menit 35 dari penalti Lautaro Martinez.

Inter besutan Simone Inzaghi mendominasi penguasaan bola hingga 64 persen, melepaskan 23 tendangan dan enam tepat sasaran. Dalam situasi itu Inter memegang kontrol pertandingan atas Juventus yang hanya melepaskan delapan tendangan (dua tepat sasaran).

Benar saja, gol telat yang menyakiti Juventus datang di menit 120+1. Dua mantan pemain Manchester United, Matteo Darmian dan Alexis Sanchez bekerja sama atas proses gol tersebut memanfaatkan kelengahan lini belakang Juventus. Inter juara dan layak mendapatkannya.

Baca Juga:

Kisah Marcelo Brozovic di Inter: Dulu Hampir Dibuang, Sekarang Sangat Disayang

Inter 2-1 Juventus: Goal Telat Alexis Sanchez Berikan Titel Juara untuk Nerazzurri

Nostalgia: Mengenang Pertempuran Terakhir Inter Vs Juventus di Piala Super Italia

Selebrasi gol Alexis Sanchez

“Kami menghadapi tim kuat yang bermain seperti Juve. Mereka tidak menciptakan banyak peluang, seperti yang kami lakukan dengan baik, tetapi kemenangan itu pantas melawan lawan yang hebat, ”kata Inzaghi kepada Sport Mediaset.

“Juve selalu dalam permainan, mereka membiarkan kami menguasai bola, tetapi kami melihat mengalahkan mereka tidak pernah mudah."

Sederet Catatan Menarik

Berbicara mengenai trofi pertama Simone Inzaghi dengan Inter pasca menggantikan Antonio Conte yang meraih Scudetto musim lalu, Inzaghi sudah layak dapat predikat sebagai penakluk Juventus.

Dikutip dari Opta, Inzaghi jadi pelatih pertama yang paling sering mengalahkan Juventus di final sejak 1929-1930. Inzaghi memenangi tiga final terakhir melawan Juventus: dua di Piala Super Italia dan satu di Coppa Italia.

"Saya memiliki beberapa pengalaman beruntung sebelumnya melawan mereka di Piala Super Italia, kami memenangkan trofi pertama di depan para penggemar kami, jadi saya sangat senang," tambah Inzaghi.

Selain fakta kehebatan Inzaghi menangani Juventus di laga final, BolaSkor.com telah merangkum statistik menarik lainnya. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Alexis Sanchez telah mencetak gol paling telat dalam sejarah Piala Super Italia (menit 121), melalui Gonzalo Higuain kontra Juventus (menit 118) pada 2014.

2. Inter memenangi titel Piala Super Italia keenam, ada di urutan tiga setelah Juventus (sembilan titel) dan AC Milan (tujuh titel). Itu juga jadi titel pertama sejak 2010.

3. Tiga gol Martinez melawan Juventus di seluruh kompetisi tercipta di Giuseppe Meazza: satu di Serie A, satu di Coppa Italia, dan satu di Piala Super Italia.

4. Weston McKennie jadi gelandang Juventus pertama yang mencetak gol di Piala Super Italia. Terakhir adalah Paul Pogba pada 2013 kontra Lazio.