BolaSkor.com - Start positif dilakukan Arsenal pada laga pertama Premier League 2022-2023. Pada laga bertajuk Derby London lawan Crystal Palace di Selhurst Park, Sabtu (06/08) dini hari WIB, The Gunners menang 2-0.

Dua gol kemenangan Arsenal dicetak Gabriel Martinelli (20') dan gol bunuh diri Marc Guehi (85'). Arsenal sempat mendominasi penguasaan bola di awal laga, namun setelah tertinggal Palace mengambilalih penguasaan bola dan intens menyerang.

Itu bisa dilihat dengan penguasaan bola 57 persen berbanding 43 persen Palace atas Arsenal, Palace dan Arsenal juga sama-sama melepaskan 10 percobaan tendangan (dua tepat sasaran). Mengingat Arsenal kalah 0-3 musim lalu di tempat yang sama, kemenangan tersebut jadi kemajuan untuk Arsenal.

Baca Juga:

Crystal Palace 0-2 Arsenal: Kemenangan Spesial untuk Mikel Arteta

Pertaruhan Nasib Mikel Arteta di Balik Belanja Besar Arsenal

Kedatangan Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko Jadi Indikasi Arsenal Belum Akan Juara

"Ya, (Arteta) sangat senang dengan kemenangan, mendapatkan tiga poin dan clean sheets melawan lawan yang sangat sulit di tempat yang sulit di mana mereka benar-benar membuat tim lawan mereka bekerja keras," terang Mikel Arteta selepas laga berakhir.

"Seperti yang kami duga, kami akan mengalami masa-masa sulit selama pertandingan, kami menunjukkan ketahanan yang luar biasa untuk melewatinya."

Laga itu spesial bagi Arteta karena ia mengukir kemenangan ke-50 sebagai manajer Arsenal dari 98 laga, menjadikannya pelatih kedua tercepat klub yang melakukannya setelah Arsene Wenger di 94 laga.

"Anda tidak menang di sini tanpa kengototan bermain dan kami mengalaminya musim lalu. Kami memulai dengan cara yang sangat berbeda dengan apa yang kami lakukan tahun lalu," tambah Arteta.

"Membangun mentalitas itu dan menemukan cara untuk melewati momen-momen itu dan clean sheets di liga ini akan menjadi vital bagi kesuksesan kami dan kami telah berhasil melakukannya. Mudah-mudahan itu akan menumbuhkan kepercayaan diri dalam tim."

Dari Derby London yang telah berlangsung itu, ada sederet statistik atau catatan menarik yang telah dirangkum BolaSkor dari berbagai sumber, berikut penjabaran lengkapnya:

1. Mikel Arteta telah memenangi 50 laga liga sebagai manajer Arsenal setelah memimpin di 98 laga.

2. Palace kalah di laga kandang Premier League dengan dua gol atau lebih untuk kali kedua di bawah arahan Patrick Vieira.

3. Tidak ada dari 18 laga Premier League Arsenal terakhir berakhir imbang (12 kali menang dan enam kali kalah). Itu jadi catatan terpanjang di kompetisi dari 20 tim saat ini.

4. Kemenangan terbanyak Premier League sejak Arteta memimpin Arsenal pada Desember 2019: Pep Guardiola (70 kali), Jurgen Klopp (64 kali), dan Mikel Arteta (50 kali).

5. Arsenal untuk kali pertama mengalahkan Palace saat dilatih legenda mereka, Patrick Vieira.

6. Gabriel Martinelli jadi pemain pertama yang mencetak gol tandang Premier League di Selhurst Park, sejak gol bunuh diri Luka Milivojevic pada 26 Februari saat melawan Burnley.