BolaSkor.com - Seluruh pertandingan fase grup Piala Eropa 2020 telah rampung dengan pertandingan matchday ketiga ditutup di grup F, Kamis (24/06) dini hari WIB yang menghasilkan total delapan gol.

Hungaria yang telah bekerja keras dan bermain dengan penuh determinasi mengakhiri fase grup di dasar klasemen, tetapi mereka sempat membuat Jerman khawatir kala unggul 2-1 sebelum disamakan menjadi 2-2.

Dua gol Jerman lahir dari Kai Havertz dan Leon Goretzka, sementara dua gol Hungaria diciptakan oleh Adam Szalai dan Andras Schafer. Jerman lolos sebagai runner-up grup F dan akan menantang Inggris di 16 besar.

"Semua tim 'kecil' bekerja dengan sangat keras dan bertahan dengan baik. Hungaria bermain dengan sepuluh pemain di pertahanan mereka sendiri dan mereka bermain tanpa beban. Sangat bagus kami lolos di grup yang sulit ini. Sekarang kami bisa menantikan pertandingan melawan Inggris," tutur pelatih Jerman Joachim Low.

Baca Juga:

16 Besar Piala Eropa 2020: Inggris Jumpa Jerman, Portugal Lawan Peringkat Satu Dunia

Samai Rekor Internasional, Cristiano Ronaldo Dapat Ucapan Selamat dari Ali Daei

Hasil dan Klasemen Akhir Grup F Piala Eropa 2020: Prancis Nomor Satu, Jerman Selamat dari Lubang Jarum

Joachim Low

Sementara itu Portugal melanjutkan upaya mempertahankan titel Piala Eropa setelah imbang 2-2 melawan Prancis, yang notabene lawan mereka di final Piala Eropa 2016. Dua gol Portugal lahir dari penalti Cristiano Ronaldo sementara Prancis dari dua gol Karim Benzema (satu penalti).

“Kami adalah juara Eropa. Kami tahu kami bisa melakukan yang lebih baik. Sekali lagi terima kasih kepada para penggemar, itu adalah suasana yang luar biasa di sini di Hungaria. Yang paling penting adalah kami berada di tahap berikutnya," ujar gelandang Portugal Ruben Neves.

"Kami melewati periode yang sulit, kami bereaksi dengan baik. Prancis tidak pernah unggul, kami mengendalikan pertandingan dengan baik. Tidak ada momen berbahaya."

Sederet statistik menarik menghiasi pertandingan terakhir grup F Piala Eropa 2020, apa saja?

1. Rekor Prancis kala Pogba dan Kante menjadi starter: 30 laga tanpa kekalahan (delapan hasil imbang, 22 kemenangan).

2. Cristiano Ronaldo mencetak gol penalti terbanyak dalam sejarah Piala Eropa (tiga gol).

3. Cristiano Ronaldo menyamai rekor gol internasional Ali Daei, legenda Iran (109 gol).

4. Untuk kali pertama sejak Piala Dunia 2014 Karim Benzema mencetak gol Prancis di turnamen besar.

5. Adam Szalai jadi pemain pertama sepanjang masa Hungaria yang mencetak gol di dua edisi Piala Eropa beruntun.

6. Portugal punya rekor 100 persen lolos dari fase grup Piala Eropa (delapan kali dari delapan Piala Eropa).

7. Laga Portugal vs Prancis jadi yang pertama dalam sejarah Eropa yang menghasilkan tiga gol dari penalti.

8. Karim Benzema pemain tertua sepanjang masa yang mencetak gol untuk Prancis di turnamen besar (33 tahun 186 hari), mengalahkan catatan Zinedine Zidane (31 tahun 36 hari).

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini