BolaSkor.com – Kritikan dan saran yang diberikan kepada Marcus Rashford di tengah pekan ini tampak memanaskan telinga Jose Mourinho. Rashford disarankan pindah dari Manchester United menyusul penurunan performanya dengan timnas Inggris.

Dinilai lebih banyak bermain sebagai penyerang sayap di United, ketajaman dan insting Rashford sebagai penyerang tengah menurun. Apalagi, Rashford seringkali dilihat berada di bangku cadangan karena persaingan di sisi kiri serangan dengan Anthony Martial dan Alexis Sanchez.

Mourinho tahu akan mengenai pembicaraan mengenai produk asli akademi Man United itu. Dalam konferensi pers jelang pekan lima Premier League melawan Watford, Mourinho mengawalinya dengan memberitahukan bahwa Rashford tidak bisa bermain akhir pekan ini karena sanksi akumulasi kartu.

Kemudian, Mourinho membeberkan catatan statistik yang dibawanya dengan detail mengenai jam bermain pemain berusia 20 tahun itu di bawah asuhannya.

“Jika Anda tidak keberatan menghabiskan beberapa waktu dengan saya, saya akan melakukan sesuatu, bukan untuk Anda tapi untuk fans United, karena saya pikir saya berhutang kepada mereka untuk berbagi dua menit dengan Anda,” ucap Mourinho di laman resmi United.

“Pada musim 2016-17, Marcus Rashford memainkan 32 laga Premier League, 11 laga Liga Europa, termasuk laga final, tiga laga Piala FA, enam laga Piala Liga, termasuk final dan Community Shield. Dia tampil 53 kali, tapi jika Anda ingin melihat menit bermainnya, dia bermain 3.068 menit dan jika Anda ingin membaginya selama 90 menit bermain, dia bermain 34,2 laga selama 90 menit di musim 2016-17.”

“Pada musim 2017-18, dia memainkan 35 laga Premier League, delapan Liga Champions, lima Piala FA, termasuk final, tiga laga Piala Liga dan Piala Super Eropa. Dia memainkan total 52 laga dalam waktu 2.676 menit. Dengan saya selama dua musim, dia tampil 105 kali, 5.744 menit, 63,7 laga dari 90 menit, termasuk lima final,” terang Mourinho.

Mourinho terus melanjutkannya dengan membandingkan Rashford dengan pemain-pemain muda Inggris lainnya seperti Dominic Solanke, Ruben Loftus-Cheek, dan Dominic Calvert-Lewin.

“Jadi, bagi orang-orang yang membicarakan menit-menit tersebut, saya pikir mereka sedikit bingung. Marcus Rashford bukan Dominic Solanke, bukan Ruben Loftus-Cheek, dan Dominic Calvert-Lewin – dia adalah Marcus Rashford, pemain Manchester United dengan jumlah penampilan dan menit bermain banyak di level tertinggi di tiap kemungkinan terbaik kompetisi,” tambah Mourinho.

“Jadi, suporter Manchester United, itu (catatan statistik) untuk Anda dan hanya untuk Anda ketahui apa yang kami lakukan kepada Marcus Rashford, Luke Shaw, Jesse Lingard, Scott McTominay. Itulah yang tengah kami lakukan,” pungkasnya.