Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Piala Afrika 2021

Arief HadiArief Hadi - Senin, 03 Januari 2022
Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Piala Afrika 2021
Trofi Piala Afrika (Twitter)

BolaSkor.com - Tinggal menghitung hari sebelum Piala Afrika 2021 dimulai. Piala Afrika akhirnya dimulai setelah mengalami penundaan dua kali akibat pandemi virus corona. Kamerun akan menjadi tuan rumah Piala Afrika 2021 dan timnas Aljazair merupakan juara bertahan dari 2019.

Pada 2019 Aljazair mengalahkan Senegal dengan skor 1-0 melalui gol tunggal yang dicetak Baghdad Bounedjah. Pada Piala Afrika nanti juga akan menjadi edisi kedua yang melibatkan 24 tim Afrika, bukan 16 tim, dengan penambahan itu diharapkan bisa memberikan keuntungan lebih dan juga menarik atensi publik di Afrika.

Menjelang Piala Afrika 2021 BolaSkor.com akan menjabarkan segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai Piala Afrika 2021. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga:

Piala Afrika 2021: Pemberitaan Media Dinilai Berat Sebelah dan Berbau Rasisme

Presiden CAF Angkat Bicara soal Isu Penundaan Piala Afrika 2021

Penyelenggara Piala Afrika Sanggah Turnamen Batal karena Varian Omicron

Timnas Aljazair

Bagaimana Format Piala Afrika

Format Piala Afrika bekerja dengan format yang sama dengan cara Piala Eropa beroperasi, dengan adanya 24 tim yang terlibat untuk mencapai final. Tim-tim tersebut juga dibagi menjadi enam tim berbeda.

Pemenang dan runner-up dari tiap grup akan mengamankan tempat di 16 besar turnamen, dengan empat tim terbaik dari urutan tiga juga akan melaju ke fase gugur. Mereka yang finish di urutan tiga grup akan dinilai dengan jumlah poin yang mereka miliki dengan selisih gol, serta gol-gol tercipta jika perolehan poin sama.

Apabila banyak tim di grup yang sama finish pada angka yang sama dari segi perolehan poin, maka poin-poin yang diamankan di laga di antara kedua tim akan menentukan siapa yang lolos ke fase gugur.

Kapan dan Di Mana Piala Afrika 2021?

Piala Afrika 2021 akan diadakan di Kamerun - negara yang sedianya jadi tuan rumah 2019 tapi urung melakukannya karena kurangnya persiapan.

Enam stadion di antara lima kota akan menjadi tempat dimainkannya laga-laga Piala Afrika, yakni Yaounde, Douala, Garouda, Limbe, dan Bafoussam. Laga pertama (pembuka) akan dimainkan pada 9 Januari ketika Kamerun menjamu Burkina Faso.

Fase grup akan diadakan lebih dari periode 11 hari sebelum tiga hari jeda peralihan dari fase grup ke fase gugur. Perempat final dan semifinal akan dimainkan dalam kurun waktu dua hari sebelum final dan perebutan tempat ketiga, dimainkan pada 6 Februari.

Laga Pertama Grup: 9-12 Januari
Laga Kedua Grup: 13-16 Januari
Laga Ketiga Grup: 17-20 Januari
16 Besar: 23-26 Januari
Perempat Final: 29-30 Januari
Semifinal: 2-3 Januari
Final: 6 Februari

Siapa Saja yang Berpatipasi?

24 tim berpatisipasi di Piala Afrika 2021. Berikut pembagian tim dari grup A hingga F Piala Afrika 2021:

Grup A: Burkina Faso, Kamerun, Cape Verde, Ethiopia
Grup B: Guinea, Malawi, Senegal, Zimbabwe
Grup C: Comoros, Gabon, Ghana, Maroko
Grup D: Mesir, Guinea-Bissau, Nigeria, Sudan
Grup E: Aljazair, Equatorial Guinea, Pantai Gading, Sierra Leone
Grup F: Gambia, Mali, Mauritania, Gambia

Breaking News Piala Afrika
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan