BolaSkor.com - Kekalahan telak 0-4 Chelsea dari Arsenal di laga uji coba pramusim menjadi tamparan keras untuk The Blues. Selepas kekalahan itu, serta keluhan Thomas Tuchel yang menilai timnya belum siap menatap musim baru, Chelsea gerak cepat di bursa transfer pemain.

Usai merekrut Raheem Sterling dan Kalidou Koulibaly, Chelsea mendatangkan Gabriel Slonina, Carney Chukwuemeka, dan teranyar Marc Cucurella. Chelsea merekrutnya dari Brighton & Hove Albion pada harga 55 juta poundsterling, plus bonus, serta barter pemain Levi Colwill.

Pemain berusia 24 tahun dikontrak jangka panjang hingga 2028 (enam tahun). Kedatangannya ke Chelsea sebagai bentuk antisipasi potensi kepergian Marcos Alonso yang intens didekati Barcelona, Cucurella bisa bermain sebagai bek hingga bek sayap kiri.

Thomas Tuchel pun senang dengan kedatangan Cucurella yang juga sempat diincar Manchester City. Menurutnya, Cucurella bak suksesor Cesar Azpilicueta yang notabene kapten Chelsea saat ini.

Baca Juga:

Kesempatan Langka Chelsea, Berpotensi Rekrut Tiga Pemain Barcelona

Jawab Polemik, Chelsea Resmikan Kedatangan Marc Cucurella

Fabrizio Romano Bersabda Marc Cucurella Menuju Chelsea, Brighton Membantah

"Saya sangat senang dengan apa yang bisa dia (Cucurella) bawa. Dia pemain yang fantastis, pribadi yang fantastis," ucap Tuchel di laman resmi Chelsea.

“Saya tidak ingin terlalu bersemangat, tetapi saya merasa kami merekrut Azpilicueta baru, dalam hal mentalitas, sikap, bahkan dalam hal posisinya, hanya dengan kaki kiri. Dia bisa bermain di tiga bek, dia bisa bermain sebagai bek sayap dan dia adalah pria yang sangat baik, sangat rendah hati dengan kepribadiannya."

“Dia adalah pemain yang fantastis, pemain yang sangat cerdas, yang sangat kuat saat menguasai bola, agresif saat menguasai bola, dinamis, lapar, dengan sikap yang baik. Jadi saya sangat senang dia bergabung dengan kami."

Mengulik dari laman resmi Chelsea, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui dari sosok Marc Cucurella:

Posisi Bermain

Marc Cucurella pemain berkaki kidal, bosa bermain sebagai bek sayap kiri dan lebih ke tengah dalam formasi tiga bek Brighton musim lalu, begitu juga posisi bek kiri dalam formasi empat bek.

Nomor Punggung

Nomor punggung Cucurella di Chelsea pada musim ini akan segera diumumkan. Di Brighton ia mengenakan nomor 3 dan ketika mencapai final pada Olimpiade 2021 dengan Spanyol - juga nomor 3. Tapi di Getafe ia mengenakan nomor 15 dan 20 di Eibar.

Penampilan Premier League

Dalam satu musim dengan Brighton pada musim 2021-2022, Cucurella membuat 35 penampilan di Premier League dan semuanya jadi starter.

Gol

Meski tugas utamanya bertahan dan juga jadi pemain kreatif, Cucurella cukup tajam dan telah mencetak delapan gol dalam kariernya. Satu di Premier League musim lalu, empat saat bersama Getafe, dan tiga di LaLiga 2020-2021.

Usia

Lahir pada 22 Juli 1998, artinya Marc Cucurella baru genap berusia 24 tahun beberapa pekan lalu.

Tinggi Badan

Marc Cucurella punya tinggi badan 5 kaki 8 inci atau 1,72 meter. Ideal untuk pemain di posisinya.

Asal Marc Cucurella

Marc Cucurella lahir di kota dekat Alella, dekat dengan pesisir pantai di Katalunya yang notabene bagian Spanyol. Cucurella memulai karier sepak bola dekat di Barcelona.

Caps Internasional

Cucurella mewakili timnas senior Spanyol sekali, tapi punya kans unik menjadi kapten di laga debutnya. Kala skuad timnas senior terisolasi karena virus corona, tim U-21 digunakan pada laga uji coba lawan Lithuania, Cucurella jadi kapten kala Spanyol menang 4-0 pada Juli 2021.

Cucurella juga mewakili Spanyol di beberapa level pemain muda, termasuk medali perak di Olimpiade saat tim U-23 mencapai final, sebelum sebelum debut seniornya.

Trofi

Cucurella bagian dari skuad Barcelona ketika memenangi Copa del Rey 2018, kala itu ia masuk dari bangku cadangan saat menang 3-0 atas Real Murcia. Itu jadi satu-satunya penampilan kompetitif di tim senior Barcelona.

Penghargaan

Setelah musim debutnya yang impresif di Inggris, Cucurella terpilih jadi Pemain Terbaik dan Pemain Terbaik pilihan pemain di Brighton pada musim 2021-2022.