BolaSkor.com - AC Milan belum keluar dari periode negatif pada awal 2023. Il Rossoneri inkonsisten bermain, dipermalukan Inter Milan di Piala Super Italia, dan teranyar kalah telak 0-4 lawan Lazio di pekan 19 Serie A, Rabu (25/01) dini hari WIB.

Milan tak bisa mengulangi performa musim lalu kala menang di Stadio Olimpico. Empat gol Lazio dicetak Sergej Milinkovic-Savic (4'), Mattia Zaccagni (38'), Luis Alberto (67' penalti), dan Felipe Anderson (75').

Tim besutan Stefano Pioli punya 51 persen penguasaan bola dengan catatan 10 tendangan (tiga tepat sasaran), sementara Lazio punya 10 tendangan dan lima tepat sasaran. Itu mengangkat Lazio ke peringkat tiga dengan 37 poin dan Milan di urutan dua dengan 38 poin, di bawa Napoli dengan 50 poin.

Pertahanan Milan jadi sorotan karena catatan buruk yang semakin menahbiskan buruknya pertahanan mereka saat ini. Sudah tiga kali beruntun Milan memasuki paruh pertama dengan ketertinggalan 0-2, seperti saat melawan Lecce (lalu imbang 2-2) dan Inter Milan di Piala Super Italia (kalah 0-3).

Baca Juga:

Lazio 4-0 AC Milan: Il Rossoneri Semakin Jauh dari Scudetto

Nicolo Zaniolo Pilih Milan ketimbang Tottenham Hotspur

Diburu Milan dan Juventus, Roma Buka Peluang Jual Zaniolo

Absennya kiper utama Milan, Mike Maignan, kian memperparah buruknya pertahanan mereka karena di seluruh kompetisi Milan hanya punya catatan enam clean sheets.

Menurut Opta Paolo, Milan kebobolan setidaknya empat gol tanpa mencetak gol di Serie A untuk kali pertama terjadi sejak 22 Desember 2019. Kala itu Milan kalah 0-5 melawan Atalanta.

Stefano Pioli pun membenarkan segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik untuk Milan saat ini, seperti halnya isu taktik dan mentalitas skuad.

"Kami harus segera kembali ke Milanello dan bekerja lebih baik, karena jelas kami tidak menampilkan performa sesuai kemampuan kami," ujar Pioli kepada DAZN.

"Ada banyak hal yang tidak berfungsi saat ini, ada mentalitas, masalah taktis karena kami kebobolan pada beberapa situasi yang seharusnya kami baca secara berbeda. Saya di sini berbicara dengan Anda karena saya harus, karena jika tidak, kami harus tetap diam dan bekerja keras."

“Ini adalah momen yang sulit, tentu saja, karena dalam dua minggu terakhir kami belum memberikan penampilan atau hasil yang baik, jadi kami semua harus melakukan yang lebih baik.”

Laga lawan Lazio jadi laga kelima yang dilalui di seluruh kompetisi tanpa kemenangan, kebobolan sembilan gol dalam tiga laga terakhir. Milan tak mencetak gol tetapi masalah terbesar ada di pertahanan. Pioli sadar akan hal tersebut.

"Hal-hal tidak bekerja untuk kami saat ini. Meski tidak menciptakan peluang mencetak gol yang bagus, kami menciptakan beberapa situasi di mana kami bisa menjadi berbahaya," tambah Pioli.

"Saya pikir masalah utamanya adalah ketika kami tidak menguasai bola, karena tidak ada jangkauan, kami tidak tajam dan tentunya perlu berkomunikasi lebih baik di lapangan. Saya hanya tahu satu cara untuk menyelesaikan situasi, dan itu adalah bekerja dengan para pemain dan mengembangkan situasi di mana kami kesulitan."

"Jika Anda melihat dua gol pertama yang kami kebobolan malam ini, kami berada di posisi yang tepat, kami hanya tidak membaca pergerakan. Tim harus lebih kompak dan kolaboratif, karena jika kami terus melakukan kesalahan-kesalahan tersebut mulai mempengaruhi mental skuad."

"Para pemain tahu bahwa hasil positif memberi Anda antusiasme dan hasil negatif menimbulkan situasi yang menjadi lebih sulit untuk dihadapi," urainya.