BolaSkor.com - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, hanya bisa pasrah dengan keputusan yang dibuat AFC. Dalam lamannya, AFC memastikan bahwa sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tak jadi digelar pada Oktober dan November 2020.

Pertandingan dijadwal ulang ke 2021. Hal ini terkait situasi COVID-19 yang masih melanda banyak negara. FIFA dan AFC merasa perlu untuk menjaga kesehatan dan keselamatan banyak pihak.

Perubahan ini untuk kali kedua. Semula laga sisa kualifikasi dijadwalkan Maret dan Juni, namun mundur ke Oktober dan November sebagai dampak pandemi virus corona (COVID-19).

Baca Juga:

Sudah Tunjuk Pelatih Baru hingga TC di Serbia, Lawan Timnas Indonesia Gigit Jari Usai Kualifikasi Ditunda

Timnas Vietnam Ubah Rencana Usai Kualifikasi Piala Dunia 2022 Dijadwal Ulang, Skuat SEA Games Tetap Jalan

Timnas Malaysia sebelumnya dijadwalkan melawan UEA di Dubai 8 Oktober. Adapun lima hari berselang menjamu Vietnam. Sedangkan laga terakhir di Grup G yang juga diisi Indonesia, yakni melawan Thailand di Bangkok pada 17 November.

"Tak bisa dipungkiri, saya sedikit kecewa karena persiapan dan perencanaan sudah dibuat sejak awal tahun ini untuk menjalani sisa tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 yang sangat penting bagi negara," kata Tan Cheng Hoe dikutip dari Kosmo.

"Namun kenyataan ini harus kami terima, karena keamanan lebih penting karena penyebaran pandemi Covid-19 masih tinggi di tingkat internasional," tambahnya.

Tan Cheng Hoe mencoba berpikir positif. Penundaan setidaknya memberi waktu baginya untuk menyusun strategi baru.

Ia menjadi punya pekerjaan, yakni menyusun program mengingat agenda sepak bola pada 2021 menjadi lebih padat.

Malaysia sementara berada di posisi kedua Grup G, setelah mengumpulkan sembilan poin dari lima laga. Adapun puncak ditempati Vietnam dengan 11 poin.

Thailand membuntuti dengan delapan poin, diikuti UEA yang baru melakoni empat partai. Indonesia di dasar setelah menelan lima kekalahan.