Sejarah Indonesia Gelar MotoGP: Saksi Era Keemasan Mick Doohan, Valentino Rossi Masih di 125 cc

Hendry WibowoHendry Wibowo - Selasa, 06 November 2018
Sejarah Indonesia Gelar MotoGP: Saksi Era Keemasan Mick Doohan, Valentino Rossi Masih di 125 cc
Ilustrasi balapan MotoGP (dahulu kelas 500 cc) di Sirkuit Sentul tahun 1999 (motorsport.com)

BolaSkor.com - Indonesia sempat merasakan jadi negara Asia yang disegani di kancah motorsport pada tahun 1990-an. Bisa dimaklumi hampir semua ajang motorsport bertitel Kejuaraan Dunia pernah digelar di Indonesia.

Dari Kejuaraan Reli Dunia (WRC), Kejuaraan Dunia Motocross (kini dikenal dengan nama MXGP), sampai Kejuaraan Dunia Balap Motor 500 cc (sekarang disebut MotoGP).

Khusus untuk MotoGP, Sirkuit Internasional Sentul pernah masuk kalender balap tahun 1996 dan 1997. Kala itu fasilitas dan sirkuit yang dimiliki Sentul salah satu yang terbaik pada eranya.

Pada edisi 1996, GP Indonesia berstatus putaran kedua atau digelar setelah GP Malaysia. Adapun kelas 500 cc dimenangkan oleh Michael Doohan.

Untuk podium kedua dan ketiga diisi Alex Barros dan Loris Capirossi. Pada akhir musim, Doohan merengkuh titel juara dunia sekaligus gelar ketiganya saat itu.

Satu tahun berikutnya, GP Indonesia berubah status dari lomba awal musim menjadi akhir musim. Sirkuit Sentul jadi tuan rumah putaran ke-14 dari total 15 putaran.

Kali ini lomba kelas 500 cc dimenangkan rekan setim Doohan, Tadayuki Okada. Doohan sendiri datang ke Indonesia setelah mengunci titel juara dunia. Sehingga ia sudah tidak terlalu ngotot meraih kemenangan.

Breaking News MotoGP Indonesia Mandalika Sirkuit Sentul Dorna Valentino Rossi
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan