Sejarah Membuktikan, 3 Tim Juara Piala Dunia meski Tak Menang di Laga Pembuka

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 23 November 2022
Sejarah Membuktikan, 3 Tim Juara Piala Dunia meski Tak Menang di Laga Pembuka
Laga Argentina vs Arab Saudi (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 baru dimulai dan kejutan sudah terjadi di grup C yang berisikan Argentina, Polandia, Meksiko, dan Arab Saudi. Kejutan itu diberikan oleh Arab Saudi kala menang 2-1 melawan Argentina di Lusail Stadium, Selasa (22/11) malam WIB.

Argentina sempat unggul dari gol penalti Lionel Messi (10') dan bertahan hingga turun minum. Tetapi di babak kedua Arab Saudi tiba-tiba memiliki momentum bermain dan determinasi hingga comeback tercipta.

Dua gol dicetak Saleh Alshehri (48') dan Salem Aldawsari (53') memastikan comeback bersejarah Arab Saudi atas Argentina. Arab Saudi kalah penguasaan bola 30 persen tetapi efektif mengubah tiga percobaan tendangan jadi dua gol.

Baca Juga:

Argentina 1-2 Arab Saudi: Green Falcons Akhiri Rekor Tak Pernah Kalah Albiceleste

Bintang Laga Argentina Vs Arab Saudi: Mohammed Al-Owais Buat Frustrasi Albiceleste

Hasil dan Klasemen Grup A-B Piala Dunia 2022: Amerika Gagal Pepet Inggris

Kejutan itu terjadi karena Arab Saudi tim non unggulan sementara Argentina salah satu kandidat juara Piala Dunia 2022. Akan tapi fans Argentina tak perlu berkecil hati, sebab masih ada dua pertandingan lainnya di grup.

Selain itu sejarah membuktikan bahwa ada tiga tim yang sukses keluar sebagai juara meski kalah di laga pembuka grup. Berikut ketiga negara tersebut.

1. Timnas Inggris

Tahun 1966 menjadi tahun terakhir timnas Inggris menjadi juara dunia dan itu terjadi di depan fans mereka sendiri. Semenjak saat itu pencapaian terbaik Inggris adalah mencapai semifinal pada Piala Dunia 2018 Rusia.

Bahkan era keemasan di kala tim diperkuat Wayne Rooney, Frank Lampard, Steven Gerrard, dan David Beckham tak mampu mengulangi kesuksesan tersebut.

Pada 1966 empat tim mencapai semifinal yakni Inggris, Jerman Barat, Portugal, dan Uni Soviet. Jerman menang 2-1 atas Uni Soviet dan Inggris mengalahkan Portugal 2-1. Di final Inggris jumpa Jerman dan Geoff Hurst jadi pahlawan Inggris.

Hurst mencetak dua gol Inggris di waktu tambahan dan memberikan titel Piala Dunia. Ia menorehkan hat-trick di final itu jadi satu-satunya hat-trick gol yang tercipta di final Piala Dunia. Inggris menang 4-2.

Inggris menjadi juara di kala pada laga pembuka grup 1 yang berisikan Uruguay, Meksiko, dan Prancis, Inggris hanya bermain imbang tanpa gol lawan Uruguay di Wembley. Setelah laga itu Inggris menang dua kali beruntun.

2. Timnas Italia

Tim peraih titel Piala Dunia terbanyak (empat kali) setelah Brasil. Italia berpatisipasi di Piala Dunia 1982 Spanyol dan di turnamen ini juga drama adu penalti dikenalkan. Italia terus melaju ke final dan memenangi titel Piala Dunia ketiga.

Gli Azzurri mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-1 di Santiago Bernabeu. Tiga gol tim arahan Enzo Bearzot dilesakkan oleh Paolo Rossi, Marco Tardelli, dan Alessandro Altobelli yang diperkecil gol Paul Breitner.

Perjalanan Italia ke final sebelum jadi juara cukup unik. Italia jadi satu-satunya tim yang memenangi titel meski tidak memenangi satu pun laga di fase grup. Pertama mereka imbang tanpa gol lawan Polandia, lalu seri 1-1 kontra Peru, sebelum kembali imbang 1-1 melawan Kamerun. Italia lolos sebagai runner-up grup 1.

3. Timnas Spanyol

Timnas Spanyol jadi contoh bagi Argentina untuk tidak mudah menyerah dan menjaga asa. Pada 2008 Spanyol juara Piala Eropa dan mempertahankannya pada 2012, di sela-sela tahun tersebut yakni pada 2010 Spanyol menjadi juara dunia.

La Furia Roja mengawali laga pertama grup H dengan kekalahan 0-1 melawan Swiss dari gol yang dicetak Gelson Fernandes. Namun Spanyol memenangi dua laga sisa, kemudian melewati Portugal, Paraguay, Jerman, sebelum menang 1-0 di final melawan Belanda.

Sampai saat ini hal tersebut diingat sebagai era keemasan sepak bola Spanyol dengan permainan sepak bola yang menghibur, serta mendapatkan pengaruh dari tiki taka yang dibawa pemain Barcelona ke timnas.

Trivia Sepak Bola Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Argentina Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan