Sejarah Panjang Aturan Kick Off dalam Sepak Bola

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 09 Mei 2020
Sejarah Panjang Aturan Kick Off dalam Sepak Bola
Ilustrasi kick off (FIFA)

BolaSkor.com - Kick off atau sepak mula merupakan sebuah cara untuk mengawali atau memulai kembali permainan dalam suatu pertandingan sepak bola. Namun tahukah anda jika prosesi ini dalam perjalanannya sempat mengalami beberapa perubahan.

Inggris yang mengklaim sebagai penemu sepak bola modern pada 1863 turut berperan penting dalam hal ini. Aturan kick off sudah dijalankan di sana meski dengan cara sangat jauh berbeda dengan yang kita kenal sekarang.

Awalnya sebuah pertandingan sepak bola di Inggris diawali dengan lemparan di tengah lapangan yang dilakukan seorang wasit. Hal ini sangat mirip dengan jumpball dalam pertandingan bola basket.

Pada tahun 1841, sebuah pertandingan pada hari natal di Inggris diawali dengan peletakan bola di tengah lapangan. Permainan dimulai setelah wasit menembakkan pistol ke udara.

Baca Juga:

Serba-serbi Bola Menurut Aturan FIFA: Tekanan Udara hingga Berat

FIFA Berencana Larang Pemain Meludah di Lapangan

FIFA Usulkan Lima Pergantian Pemain di Tiap Pertandingan

Tata cara kick off terus mengalami perkembangan. Mulai tahun 1857, mulai diberlakukan pengundian koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan sepak mula dari tengah lapangan.

Federasi sepak bola Inggris (FA) yang berdiri tahun 1863 akhirnya mematangkan aturan tersebut. Mereka merangkumnya ke dalam sebuah laws of the game bersama aturan sepak bola lainnya.

Awalnya, FA menentukan tim yang kalah dalam undian berhak melakukan kick off. Sementara lawannya memilih gawang atau daerah permainan mereka.

Pertandingan dimulai dengan tendangan dari tengah lapangan. Tim lawan harus berdiri di daerah pertahanannya sejauh sepuluh meter dari bola.

Sepuluh tahun kemudian, aturan tersebut kembali berubah. Kali ini tim yang memenangkan undian berhak memilih untuk melakukan kick off atau memilih gawang.

Kick off lalu tidak hanya dilakukan pada awal tiap babaknya. Ini juga dijadikan cara untuk memulai permainan kembali usai terjadi gol.

Aturan terkait kick off semakin disempurnakan ketika memasuki abad ke-20. Hal itu ditandai dengan berdirinya federasi sepak bola dunia (FIFA) pada 1904.

Pada tahun 2016, FIFA bersama asosiasi sepaka bola internasional (IFAB) melakukan sejumlah modifikasi terkait peraturan sepak bola. Kick off termasuk salah satunya.

Sebelum tahun tersebut, dibutuhkan dua orang untuk melakukan kick off. Hal itu karena bola harus digulirkan ke pertahanan lawan.

Namun sejak Piala Eropa 2016, FIFA mengizinkan bola kick off ditendang ke berbagai arah. Jadi satu pemain saja sudah cukup untuk melakukannya.

"Tujuan kami adalah membuat aturan mudah bagi siapa pun yang terlibat dengan sepak bola untuk mengerti dan memahami aturan," bunyi pernyataan IFAB.

Kick Off Fifa Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan