BolaSkor.com - Liga-liga top Eropa sudah menemukan juaranya pada musim ini. Menariknya, dari lima liga top (Serie A, Bundesliga, LaLiga, Premier League dan Ligue 1) semuanya dimenangi jawara musim lalu.

Dimulai dari LaLiga, Barcelona berhasil menjadi yang terbaik dengan unggul 11 poin dari peringkat kedua, Atletico Madrid. Keberhasilan tersebut tak terlepas dari performa Real Madrid yang angin-anginan. El Real hanya bisa menempati peringkat ketiga.

Selanjutnya, Juventus masih terlalu perkasa bagi klub Serie A lainnya. Meski Serie A masih menyisakan beberapa pertandingan, namun La Vecchia Signora sudah berhasil menyegel gelar. Kebahagaian kian lengkap karena Cristiano Ronaldo terpilih sebagai pemain terbaik.

Di Bundesliga, pertarungan sengit terjadi antara Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. FC Hollywood sempat tertinggal jauh karena terseok-seok pada awal musim.

Baca juga:

Coba Saingi Real Madrid, Manchester United Siap Tebus Klasul Rilis Joao Felix

Manchester City Ingin Terus Dominasi Sepak Bola Inggris

Dikabarkan Akan Gabung Real Madrid, Kylian Mbappe Buka Peluang Tinggalkan PSG

Daftar pemenang lima liga top Eropa (Squawka)

Namun, bermodal pengalaman dan materi pemain berlimpah, Robert Lewandowski dan kawan-kawan berhasil menyusul dan unggul dua poin pada akhir kompetisi.

Berikutnya, Paris Saint-Germain mengalami hal serupa seperti Juventus. Neymar dan kolega tidak terbendung oleh kontestan lain di Ligue 1. Hingga pekan ke-37, Les Parisiens memimpin klasemen dengan meraih 91 poin. Adapun, Lille yang menempati peringkat kedua hanya mengumpulkan 75 poin.

Beralih ke liga yang disebut-sebut sebagai kompetisi terbaik di kolong langit, Premier League. Manchester City berhasil keluar sebagai pemenang usai unggul satu poin dari Liverpool. Kemenangan tersebut baru bisa dipastikan pada laga pamungkas.

Menariknya, berdasarkan catatan Squawka, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah sepak bola lima liga top Eropa dimenangi oleh juara bertahan. Ironisnya, dari kelima klub tersebut tidak ada satu pun yang berhasil melangkah hingga ke final Liga Champions.