Sejumlah Statistik yang Ditinggalkan Jose Mourinho di Tottenham Hotspur

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 20 April 2021
Sejumlah Statistik yang Ditinggalkan Jose Mourinho di Tottenham Hotspur
Jose Mourinho (Twitter)

BolaSkor.com - Kurang dari dua tahun melatih Tottenham Hotspur karier Jose Mourinho telah berakhir di sana. Dalam waktu kurang dari 24 jam setelah Liga Super Eropa didirikan, Tottenham memecat Mourinho.

"Klub hari ini dapat mengumumkan bahwa Jose Mourinho dan staf pelatihnya Joao Sacramento, Nuno Santos, Carlos Lalin dan Giovanni Cerra telah dibebastugaskan (dipecat)," demikian pernyataan di laman resmi Tottenham kemarin.

Pemecatan Mourinho tinggal menunggu waktu jika melihat performa inkonsisten Spurs yang saat ini ada di urutan tujuh Premier League, tetapi timing (waktu) pemecatannya cukup mengejutkan.

Baca Juga:

Kisah Malang Harry Kane: Ciptakan Rekor Tak Menyenangkan

Nasib Nahas Jose Mourinho, Resmi Dipecat Tottenham Hotspur

Dipecat, Jose Mourinho Tak Terima Pesangon Penuh dari Tottenham

Jose Mourinho

Pasalnya pada 25 April mendatang Tottenham punya peluang memenangi trofi dengan Mourinho kala melawan Manchester City di final Piala Liga. Nasi telah menjadi bubur. Posisi pelatih sementara diisi oleh Ryan Mason.

Awal musim sempat berjalan baik untuk Tottenham yang bahkan duduk di puncak klasemen pada awal Desember 2020, tapi di bulan yang sama Tottenham mengalami penurunan besar yan diawali kekalahan dari Liverpool.

Sejak saat itu Spurs menang tujuh kali dan kalah delapan kali dari 19 laga liga, Februari lalu mereka disingkirkan Everton di final Piala FA dan juga disingkirkan Dinamo Zagreb di Liga Europa.

Mourinho (58 tahun) pergi dari Tottenham tanpa raihan trofi, hal yang menodai kariernya selain pemecatan, namun ia pergi dari klub London Utara dengan sejumlah statistik. Apa saja statistik itu?

1. Jose Mourinho memenangi 51 persen dari pertandingannya di Tottenham pada seluruh kompetisi (44 dari 86 laga). Catatan terendahnya hanya diukir bersama Leiria (45 persen).

2. Tottenham sudah kalah 13 kali di seluruh kompetisi musim ini, angka tertinggi dari kekalahan yang diderita Mourinho di satu musim.

3. Tottenham era Mourinho ada di urutan empat raihan poin terbanyak Premier League (95) di bawah Manchester City (130 poin), Liverpool (117 poin), dan Manchester United (116 poin).

4. Catatan rata-rata poin per laga Tottenham di liga musim ini sebanyak 1,6 poin, hanya dengan Chelsea pada musim 2015-2016 (0,9 poin) dan Man United 2018-2019 (1,5 poin) Mourinho memiliki catatan poin lebih rendah.

5. Hanya Brighton (31 poin) dan Southampton (30 poin) yang banyak kehilangan poin dari posisi unggul di Premier League dari Tottenham Mourinho (27 poin).

6. 11 dari 20 poin yang hilang dari posisi unggul musim ini (Spurs) terjadi kala kebobolan di 10 menit terakhir

7. Mourinho pergi dari Spurs dengan rekor 27 kemenangan, 14 hasil imbang, dan 17 kekalahan dari 58 laga Premier League.

Breaking News Jose Mourinho Tottenham Tottenham Hotspur Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan