Sejumlah Tahapan Kongres Luar Biasa PSSI

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Kamis, 21 Februari 2019
Sejumlah Tahapan Kongres Luar Biasa PSSI
PSSI.

BolaSkor.com - Ada beberapa tahapan yang harus dilalui PSSI sebelum mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB). Salah satunya adalah membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Selasa (19/2) di Kantor PSSI, FX Sudirman, Jakarta Pusat, berbuah KLB. Mempertimbangkan dinamika yang berkembang dan mendengarkan aspirasi anggota agar visi dan program berjalan menjadi penyebabnya.

Anggota Exco PSSI, Yoyok Sukawi, mencoba merunutkan tahapan sebelum menyelenggarakan KLB. Pertama, pihaknya akan meminta petunjuk dari FIFA lebih dulu.

Adapun, salah satu poin dalam Statuta PSSI pasal 31 ayat 2 berbunyi, KLB dapat diadakan minimal tiga bulan setelah penetapan. Itu artinya, PSSI masih punya waktu hingga Mei 2019 untuk mematangkan KLB

"Di statuta bunyinya, Exco wajib melaksanakan kongres pemilihan tadi itu, apabila ada 2/3 voters usulan untuk KLB. Misalnya nih, sekarang ada 2/3 voters mengajukan KLB, nah paling lambat tiga bulan dari hari ini, Exco membuat KP dan KBP tadi itu," ujar Yoyok ketika dihubungi BolaSkor.com.

Baca Juga:

Kembali Diperiksa, Satgas Anti Mafia Bocorkan Agenda Pemeriksaan Joko Driyono

Erick Thohir dan Krishna Murti Muncul Jadi Kandidat Ketua Umum PSSI

Lampu hijau dari FIFA nantinya akan membuat KP dan KBP terbentuk. Setelah susunan kedua komite tersebut lengkap, KLB baru akan digelar. Ada pula kemungkinan untuk memilih struktur baru kepengurusan PSSI.

"Kongres untuk membuat KP dan KBP dan lain-lain, dan menentukan jadwal kongresnya. Ini yang minta Exco, Exco yang memutuskan. Jadi yang sekarang itu Exco punya keputusan. Oke kami kongres dulu. Lalu pertanyaannya, kapan kongresnya? Nah, untuk menuju ke sana, tahap pertama kami minta persetujuan dan arahan dari FIFA," kata Yoyok menambahkan.

"Setelah itu, turun dari FIFA, kami adakan kongres pemilihan tadi itu. Cuma, lebih baik, paling lambat, setelah FIFA ketok palu, itu harus segera menggelar KP. Untuk menggelar pembentukan komite-komite tadi. Sekaligus menggelar kongres untuk menentukan jadwal KLB-nya. Kongres pembentukan pemilihan (kepengurusan baru) sekaligus menentukan jadwal KLB," tutur Yoyok mengakhiri.

Pssi KLB Yoyok sukawi
Posts

1.188

Bagikan