Sekilas Informasi Mengenai Hari Tradisional Sepak Bola Inggris, Boxing Day

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 24 Desember 2021
Sekilas Informasi Mengenai Hari Tradisional Sepak Bola Inggris, Boxing Day
Suporter di Boxing Day Premier League (Twitter)

BolaSkor.com - Hari Natal setiap tahunnya dirayakan umat Nasrani dengan cara yang berbeda-beda, meski inti dari Natal sebagian besar dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga di bawah pohon cemara dan membuka kado.

Bagi masyarakat di Inggris atau juga pecinta sepak bola Inggris, Hari Natal terasa berbeda karena adanya hari tradisional, Boxing Day yang sudah menjadi budaya di Inggris. Boxing Day salah satu hari pertandingan di tengah periode sibuk (festive period) di bulan Desember hingga awal Januari.

Tanggal 26 Desember acapkali dilangsungkan laga-laga Premier League dan itu dikenal dengan istilah Boxing Day, pertandingan yang dihelat satu hari setelah Natal. Tahun ini (2021) ada empat laga yang dilangsungkan pada 26 Desember.

Sementara tiga laga dilangsungkan pada tanggal 27 dan 28 Desember. Dua laga lainnya yakni Watford kontra Wolverhampton Wanderers, serta Leeds United melawan Liverpool ditunda karena virus corona.

Baca Juga:

4 Catatan Menarik Premier League di 2021

Pemberi Assists Terbanyak Premier League 2021-2022: Tergerusnya Peran Playmaker

Jordan Henderson Tuding Premier League Abaikan Keselamatan Pemain

Leeds United vs Liverpool

"Liga menyadari bahwa keputusan untuk menunda dua pertandingan ini akan mengecewakan para pendukung dan memahami rasa frustrasi mereka pada waktu khusus tahun ini, ketika para penggemar menantikan untuk menghadiri dan menonton pertandingan sepak bola," tutur pernyataan dari Premier League.

"Liga bertujuan untuk memberikan kejelasan sebanyak mungkin, tetapi sayangnya penundaan terkadang harus dilakukan dalam waktu singkat, karena keselamatan adalah prioritas. Liga akan berusaha untuk terus memperbarui pendukung jika pertandingan berisiko pada hari pertandingan."

Seperti halnya tahun lalu, sayangnya di tahun ini dunia masih mengenal istilah pandemi virus corona. Kendati demikian, Premier League mengambil sikap untuk terus menjalankan laga-laga Boxing Day.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Boxing Day, BolaSkor akan mengulas sekilas informasi mengenai Boxing Day dan alasan mengapa itu penting bagi publik di Inggris.

Apa Itu Boxing Day?

Merangkum secara singkat, Boxing Day selalu dilangsungkan satu hari setelah Natal dan itu adalah pada tanggal 26 Desember. Sementara dari segi sejarah Boxing day di Britania Raya sudah menjadi libur nasional sejak 1871.

Ada tiga versi berbeda dari asal usul Boxing Day, tapi salah satu satu yang paling mudah dipahami dan diingat adalah Boxing Day yang populer di abad 19 (Era Ratu Victoria).

Boxing Day diperuntukkan sebagai 'hadiah' dari atas untuk pegawai-pegawai mereka dengan memberikan izin libur sehari, berkumpul dengan keluarga, dan mereka mendapatkan hadiah sebagai buah dari kerja keras selama bekerja.

Sejak 1958 Boxing Day sudah menjadi hari bersejarah ketika laga-laga dimainkan satu hari setelah Natal. Itu merupakan bentuk pergeseran Boxing Day yang dirayakan dengan menonton pertandingan sepak bola, baik itu di rumah bersama keluarga atau di stadion langsung.

Penamaan Boxing Day

Kendati namanya Boxing Day bukan berarti hari itu merupakan hari kala semua orang bertinju, tapi itu hari di Inggris ketika olahraga seperti sepak bola, balapan kuda, kriket, dan lainnya tetap berlangsung.

Di sana semua laga sepak bola di semua level kompetisi berlangsung, menjadikan Boxing Day semakin spesial bagi keluarga atau individu: setelah merayakan Natal mereka bisa berlibur satu hari setelahnya dan menonton laga sepak bola.

Boxing Day kerapkali menjadi bahan kritikan pelatih-pelatih non Inggris yang melatih di sana. Benturan budaya terjadi, tapi budaya di Inggris itu terus berlanjut kendati para pemain berisiko besar kelelahan.

Sementara untuk musim 2021-2022 ini ada tujuh laga yang berlangsung setelah Natal, berikut laga-laga tersebut:

Minggu (26/12)

West Ham United vs Southampton (22.00 WIB)
Tottenham Hotspur vs Crystal Palace (22.00 WIB)
Norwich City vs Arsenal (22.00 WIB)
Manchester City vs Leicester City (22.00 WIB)

Senin (27/12)

Aston Villa vs Chelsea (00.30 WIB)
Brighton vs Brentford (03.00 WIB)

Selasa (28/12)

Newcastle United vs Manchester United (03.00 WIB)

Breaking News Premier League Boxing day Natal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan