Sekilas Informasi Mengenai Piala Dunia Antarklub 2022

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 05 Februari 2023
Sekilas Informasi Mengenai Piala Dunia Antarklub 2022
Trofi Piala Dunia Antarklub (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia Antarklub 2022 yang sempat tertunda pada akhirnya dimainkan pada Februari ini. Turnamen yang mempertemukan juara antar benua itu telah mencapai fase empat besar alias semifinal.

Seperti halnya edisi-edisi sebelumnya, juara Eropa dan dalam hal tersebut di edisi terkini: Real Madrid menjadi salah satu tim favorit juara. Los Blancos merupakan juara bertahan Liga Champions setelah musim lalu mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0.

Keempat tim yang akan bertanding di semifinal adalah Flamengo, Al-Hilal, Al Ahly, dan Real Madrid. Al-Hilal melaju ke semifinal usai menyingkirkan Wydad AC dengan skor 5-3 dari adu penalti setelah laga berakhir imbang 1-1.

Baca Juga:

Gebrakan Terbaru FIFA, Piala Dunia Antarklub Akan Diikuti 32 Tim

Nostalgia - Ketika Wakil Brasil Buyarkan Mimpi Chelsea Jadi Juara Dunia

Hasil Piala Dunia Antarklub: Al-Hilal dan Al Ahly Tembus Semifinal

Sementara Al Ahly memenangi pertandingan melawan Seattle Sounders dengan skor 1-0 di putaran kedua, setelah di putaran pertama menang 3-0 atas Auckland City. Menjelang semifinal, BolaSkor.com akan memberikan sekilas informasi mengenai Piala Dunia Antarklub 2022:

Tim yang Berpatisipasi

Pada edisi ke 19 Piala Dunia Antarklub ada para juara dari enam kompetisi premier regional FIFA, bersama dengan juara liga tuan rumah (Maroko). Sebelum semifinal ada tujuh tim yang bersaing selain Real Madrid.

Ketujuh tim itu adalah Al Ahly (Mesir), Al-Hilal (Arab Saudi), Auckland Ciy (Selandia Baru), Flamengo (Brasil), Real Madrid (Spanyol), Seattle Sounders (Amerika Serikat), dan Wydad AC (Maroko).

Madrid, Auckland, Seattle, Flamengo, dan Wydad lolos sebagai pemenang dari turnamen top di konfederasi sepak bola tempat mereka bermain. Wydad juga juara CAF tahun lalu, jadi runner-up asal Mesir Al Ahly mendapatkan tempat di Piala Dunia Antarklub sebagai klub Afrika.

Tuan Rumah Turnamen

Edisi tahun ini dimainkan di Maroko dan jadi kali ketiga dihelat di sana. Piala Dunia Antarklub disebut dengan tahun 2022, bukan 2023, karena turnamen ini sempat ditunda karena pada Desember lalu ada Piala Dunia 2022 Qatar.

Terakhir kali turnamen dimainkan di Maroko terjadi pada 2014, ketika Madrid menang 2-0 atas tim Argentina San Lorenzo. Pertandingan tahun ini juga dimainkan di dua stadion, yakni Ubn Batouta Stadium di Tangier (65.000 penonton) dan Prince Moulay Abdellah Stadium di Rabat (52.000 penonton).

Format dan Jadwal Laga

Dimulai dari putaran pertama antara Al Ahly melawan Auckland yang dimenangi Al Ahly dengan skor 3-0, fase turnamen berlanjut ke putaran kedua. Di fase itu Al-Hilal menyingkirkan tuan rumah Wydad dan Al Ahly menang 1-0 atas Seattle.

Flamengo dan Real Madrid sebagai juara Copa Libertadores dan Liga Champions sudah menanti di semifinal. Flamengo melawan Al-Hilal dan Al Ahly menghadapi tugas besar kontra Real Madrid. Adapun nanti penentuan juara ketiga juga dimainkan sebelum final. Berikut jadwalnya.

Semifinal

Flamengo vs Al Hilal (08/02 - 02.00 WIB)
Al Ahly vs Real Madrid (09/02 - 02.00 WIB)

Tempat Ketiga dimainkan pada Sabtu (11/02 - 22.30 WIB)
Final dihelat pada Minggu (12/02 - 02.00 WIB)

Favorit Pemenang

Real Madrid merupakan juara bertahan Liga Champions dan seyogyanya juara Eropa jadi unggulan di Piala Dunia Antarklub. Sementara favorit kedua memenanginya adalah Flamengo arahan Vitor Pereira.

Madrid bukan hanya favorit pemenang tapi juga berstatus juara terbanyak Piala Dunia Antarklub dengan raihan empat trofi, diikuti Barcelona (tiga trofi) dan Corinthians serta Bayern Munchen (sama-sama dua trofi).

Madrid dengan koleksi bintang yang mereka miliki seperti Karim Benzema, Luka Modric, Vinicius, dan Federico Valverde jadi unggulan. Akan tapi Flamengo juga tak bisa disepelekan dengan nama-nama yang sempat terkenal di Eropa.

Mereka itu seperti David Luiz, Filipe Luis, Arturo Vidal, Gabriel Barbosa, dan Guillermo Varela.

Piala dunia antarklub Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan