Sekilas Profil Semifinalis Piala Dunia Antarklub 2020

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 07 Februari 2021
Sekilas Profil Semifinalis Piala Dunia Antarklub 2020
Al Ahly (Twitter)

BolaSkor.com - Semifinal Piala Dunia Antarklub 2020 sudah di depan mata. Perwakilan yang ada di empat besar tergolong dari juara Copa Libertadores, Liga Champions CONCACAF, Liga Champions Eropa, dan juara Liga Champions Afrika.

Piala Dunia Antarklub 2020 dihelat di Dubai, Uni Emirat Arab, dan seyogyanya berlangsung Desember lalu. Akan tapi karena adanya pandemi virus corona maka waktu dihelatnya turnamen mundur hingga Februari 2021.

Keempat tim itu adalah Tigres UANL, Palmeiras, Al Ahly, dan Bayern Munchen. Palmeiras akan terlebih dahulu bertanding melawan Tigres pada Senin (08/02) pukul 01.00 dini hari WIB sebelum laga Al Ahly kontra Bayern Munchen, Selasa (09/02) pukul 01.00 dini hari WIB.

Baca Juga:

Nostalgia - Piala Super Jerman 2013, Awal Rivalitas Klopp Vs Guardiola

Jadwal Semifinal Piala Dunia Antarklub 2020

5 Hal yang Wajib Diketahui dari Piala Dunia Antarklub 2020

Menjelang laga itu BolaSkor.com akan menjabarkan sekilas profil semifinalis Piala Dunia 2020. Berikut uraiannya:

1. Al Ahly

Al Ahly

Al Ahly menyingkirkan tuan rumah di putaran kedua dengan kemenangan 1-0 atas Al-Duhail. Tim berjuluk The Red Castle atau El Kalaa El Hamraa berhak menantang juara Liga Champions, Bayern Munchen di semifinal.

Al Ahly dilatih oleh Pitso Mosimane, pelatih yang memenangi Liga Champions Afrika bersama Mamelodi Sundowns. Pengalamannya besar di Afrika dan Mosimane dikenal sebagai pelatih yang pandai membaca permainan.

Pemain-pemain kunci Al Ahly seperti Marwan Mohsen (striker), Mohamed El Shenawy (kiper), dan Mohamed 'Afsha' Magdy, begitu juga winger asal Tunisia Ali Maaloul, menjadi kekuatan utama tim. Ini jadi penampilan keenam mereka di Piala Dunia Antarklub dan jumlah itu melalui Real Madrid (lima kali).

Pelatih: Pitso Mosimane

Kapten: Mohamed El Shenawy

Pemain Kunci: Mohamed El Shenawy, Mohamed 'Afsha' Magdy, Ali Maaloul.

Perwakilan: Juara Liga Champions Afrika

2. Palmeiras

Palmeiras

Kandidat juara Piala Dunia Antarklub bersama Bayern Munchen. Klub dari Amerika Selatan atau juara Copa Libertadores biasanya jadi unggulan dengan juara Liga Champions Eropa. Pun demikian Palmeiras.

Mereka mengalahkan Santos dengan skor 1-0 di final Copa Libertadores. Pelatih Palmeiras, Abel Ferreira berasal dari Portugal dan telah melatih sejak Oktober menggantikan Vanderlei Luxemburgo. Ferreira (42 tahun) mantan bek kanan Sporting Lisbon yang pernah sukses di Braga sebelum melatih di Yunani, PAOK.

Ada beberapa nama dari skuad Palmeiras yang cukup familiar karena pernah berkarier di Eropa, seperti Felipe Melo dan Luiz Adriano, Jangan lupa juga bakat muda seperti Gabriel Menino yang baru ini dipanggil timnas Brasil meski baru berusia 19 tahun.

Pelatih: Abel Ferreira

Kapten: Felipe Melo

Pemain-Pemain Kunci: Felipe Melo, Luiz Adriano, Gabriel Menino, Weverton, Rony

Perwakilan: Juara Copa Libertadores

3. Bayern Munchen

Bayern Munchen

Kandidat kuat juara Piala Dunia Antarklub 2020. Bayern Munchen memenangi treble winners musim lalu di bawah arahan Hans-Dieter Flick, pelatih yang menggantikan Niko Kovac pada November 2019. Pergantian itu jitu.

Hansi-Flick menjadi kunci kebangkitan Bayern dan tidak terbendung memenangi Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions. Padahal pengalaman besarnya hanya menjadi asisten pelatih timnas Jerman kala memenangi Piala Dunia 2014.

Pemain-pemain kunci Bayern ada di tiap area seperti Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Thomas Muller, Serge Gnabry, dan Robert Lewandowski. Tidak mudah membendung Bayern untuk tim-tim rival di Piala Dunia Antarklub 2020.

Pelatih: Hans-Dieter Flick

Kapten: Manuel Neuer

Pemain-Pemain Kunci: Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Thomas Muller, Serge Gnabry, Kingsley Coman, dan Robert Lewandowski

Perwakilan: Juara Liga Champions

4. Tigres UANL

Tigres UANL

Juara Liga Champions CONCACAF. Tim asal Meksiko dilatih oleh Ricardo 'Tuca' Ferretti dan ia salah satu pelatih paling berpengalamandi Liga MX. Ferretti sudah melatih Tigres sejak 2010 dan sangat mengenal timnya.

Tim Tigres terbentuk sangat terorganisir, solid, dan disiplin. Tigres mengalahkan Los Angeles FC (2-1) di final Liga Champions CONCACAF, serta menang 2-1 atas juara Liga Champions Asia, Ulsan Hyundai.

Pemain-pemain kunci mereka adalah mantan striker timnas Prancis, Andre-Pierre Gignac yang kini telah jadi top skorer sepanjang masa klub, serta nama lain semisal Guido Pizarro dan Nahuel Guzman. Tigres bisa jadi kuda hitam turnamen.

Pelatih: Ricardo Ferretti

Kapten: Guido Pizarro

Pemain-Pemain Kunci: Andre-Pierre Gignac, Guido Pizarro, Nahuel Guzman

Perwakilan: Juara Liga CONCACAF

Breaking News Piala dunia antarklub Piala Dunia Antar Klub Al ahly Bayern Bayern munchen Palmeiras
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan