BolaSkor.com - Spanyol berhasil melaju ke babak semifinal Piala Eropa 2020. Kepastian ini didapat usai La Furia Roja menyingkirkan Swiss melalui adu tendangan penalti dengan skor 3-1 (1-1), pada pertandingan perempat final Piala Eropa 2020, di Krestovsky Stadium, Jumat (2/7).

Spanyol unggul lebih dahulu melalui tendangan Jordi Alba pada menit ke-78. Bola umpan Koke dari operan sepak pojok disambut bek kiri Barcelona itu dengan tendangan keras kaki kiri dri luar kotak penalti.

Bola berubah arah mengenai pemain Swiss, Denis Zakaria hingga masuk ke dalam gawang. UEFA mencatat gol ini gol bunuh diri Zakaria. Skor 1-0 untuk Spanyol.

Swiss baru bisa menyamakan kedudukan melalui Xherdan Shaqiri pada menit ke-68. Bola umpan dari Remo Freuler disambut Shaqiri dengan tendangan mendatar di mulut gawang Unai Simon. Skor imbang 1-1 bertahan hingga perpanjangan waktu.

Pada adu tendangan penalti, tiga penendang Swiss gagal yakni Fabian Schar, Manuel Akanji, dan Ruben Vargas. Sementara itu, di kubu Spanyol, hanya Sergio Busquets dan Rodri yang tak mendulang gol.

Spanyol bertemu Italia di semifinal. Italia melaju ke semifinal usai mengalahkan Belgia dengan skor 2-1.

Keberhasilan Spanyol ini menghasilkan beberapa fakta menarik. Berikut fakta menarik Spanyol ke semifinal Piala Eropa 2020 yang disusun BolaSkor.com:

Baca Juga:

Bintang Laga Swiss Vs Spanyol: Unai Simon, Menjawab Keraguan di Saat Tepat

Piala Eropa 2020 - Belgia 1-2 Italia: Gli Azzurri Jumpa La Furia Roja

Piala Eropa 2020 - Swiss 1-1 (1-3 Pen) Spanyol: La Furia Roja ke Semifinal

Timnas Spanyol
Timnas Spanyol. (Twitter)

1. Spanyol kini telah mencetak 12 gol di Piala 2020, menyamai total tertinggi mereka di Piala Eropa 2008 dan 2012. Di mana, mereka memenangkan kedua turnamen tersebut setelah enam pertandingan. Pertandingan lawan Swiss adalah laga kelima mereka di Piala Eropa 2020.

2. Spanyol memperpanjang kemenangan melawan Swiss sepanjang sejarah. Spanyol menang 16 kali, imbang 6 kali, dan hanya kalah 1 kali.

3. Spanyol tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan internasional terakhir mereka, menang 6 kali dan seri7 kali.

4.. Spanyol hanya kalah dua kali dari 21 pertandingan terakhir turnamen final Piala Eropa (tidak termasuk adu penalti).

5. Spanyol tidak kebobolan lebih dari satu gol dalam 15 pertandingan internasional terakhir mereka melawan Swiss.

6. Tiga dari lima pertandingan perempat final Piala Eropa terakhir Spanyol membutuhkan adu penalti untuk menentukan hasilnya (Kalah melawan Inggris di Piala Eropa 1996), (Menang lawan Italia di Piala Eropa 2008), (Menang lawanSwiss di Piala 2020).

7. Xherdan Shaqiri kini telah mencetak empat gol di turnamen final Piala Eropa, menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Swiss di level ini.

8. Swiss telah kehilangan masing-masing dari empat perempat final turnamen utama (Piala Dunia 1934, 1938, dan 1954, serta Piala Eropa 2020).

9. Swiss hanya gagal mencetak gol dalam satu dari 13 pertandingan internasional terakhir mereka (tidak termasuk kemenangan 3-0 yang diberikan atas Ukraina).

10. Swiss hanya gagal mencetak gol dalam dua dari 11 pertandingan terakhir turnamen final Piala Eropa mereka.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini