BolaSkor.com - Genderang perang Piala AFF 2020 segera ditabuh. Kurang dari satu hari pesta akbar sepak bola Asia Tenggara akan dimulai.

Ini merupakan edisi Piala AFF (Tiger) ke-13 sepanjang sejarah. Piala AFF 2020 akan berlangsung terpusat di Singapura pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Grup A dihuni oleh tuan rumah Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Sedangkan Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Thailand menjadi tim paling banyak meraih gelar juara dengan lima titel (1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016). Singapura membututi di posisi kedua dengan empat gelar (1998, 2004, 2007, dan 2012).

Adapun Vietnam di posisi ketiga dengan dua gelar (2008 dan 2018). Malaysia baru mengoleksi satu gelar pada tahun 2010. Sedangkan Timnas Indonesia belum merasakan gelar juara, meski lima kali meraih runner-up (2000, 2002, 2004, 2010, dan2016).

Baca Juga:

Cegah COVID-19, Pemain Timnas Makan Pakai Boks dan Dilarang Keluar Hotel

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Piala Dunia-nya Asia Tenggara dengan Gengsi Besar

Vietnam
Vietnam juara Piala AFF 2018. (AFF)

Piala AFF merupakan turnamen yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali sejak 1996. Nama titel sebelumnya merupakan Piala Tiger, yang mengikuti suntikan dana dari sponsor.

Piala AFF kerap berganti-ganti format dari home tournament, kandang-tandang babak semifinal dan final, sampai dua kali main kandang-tandang. Piala AFF 2020 kini kembali ke format home tournament karena pandemi COVID-19.

Turnamen ini sangat ditunggu-tunggu para pencinta sepak bola Asia Tenggara, karena sarat gengsi. Bahkan, Piala AFF disebut sebagai Piala Dunia-nya Asia Tenggara.

Bukan merehkan sepak bola Asia Tenggara, namun sepak bola ASEAN memang sudah berkembang dan sedang dalam jalur mengejar Jepang, Korea Selatan, bahkan Eropa.

Meski begitu, negara-negara Asia Tenggara belum bisa berbicara banyak di Piala Asia hingga Kualifikasi Piala Dunia. Jadi maklum saja, Piala AFF memiliki gengsi tinggi membuktikan sepak bola negara Asia Tenggara mana yang bekuasa.

Timnas Indonesia
Grafis Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Hasrat bermain sangat tinggi di tengah persaudaraan serumpun membuktikan siapa yang menjadi raja ASEAN.

"Apalagi Indonesia belum pernah juara (Piala AFF). Rasa penasaran itu ada, makanya kami sangat antusias sekali dalam menyambutnya," kata mantan pemain Timnas Indonesia, Budi Sudarsono kepada BolaSkor.com.

Para tim perserta juga membawa kekuatan terbaiknya, meski Piala AFF tak masuk kalender FIFA dan hanya masuk perhitungan ranking FIFA. Thailand misalnya membawa Chanathip Songkrasin dan Teerasil Dangda. Dua pemain ini sangat berpengalaman di Piala AFF.

Chanathip satu-satunya pemain terbaik Piala AFF dua kali berturut-turut (2014 dan 2016). Sedangkan Teerasil Dangda merupakan top skorer Thailand di Piala AFF dengan 15 gol. Ia hanya membutuhkan tiga gol untuk melewati legenda Singapura, Noh Alam Shah sebagai top skorer sepanjang masa Piala AFF (17 gol).

Panggung Pemain Muda

Chanathip Songkrasin
Chanathip Songkrasin (kiri). (AFF)

Piala AFF juga dijadikan panggung pemain muda. Piala AFF kerap menghasilkan deretan pemain muda berbakat. Teerasil Dangda merupakan pemain muda yang menonjol saat Piala AFF 2008.

Lalu Boaz Solossa menjadi mutiara yang bersinar di Piala Tiger (Piala AFF) 2004. Saat itu, umurnya masih 18 tahun. Ia mampu tampil gemilang sebagai starter sampai Timnas Indonesia melaju ke final.

Kini ada beberapa pemain muda yang diprediksi bakal menggebrak Piala AFF 2020. Mulai dari Thanawat Suengchitthawon (Thailand), Luqman Hakim Shamsudin (Malaysia), Nguyen Hoang Duc (Vietnam), Witan Sulaeman (Indonesia), hingga Egy Maulana Vikri (Indonesia).

Tulisan ini merupakan opini penulis