Selamat Tinggal MotoGP Mandalika 2022, Sampai Jumpa Tahun Depan!

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 20 Maret 2022
Selamat Tinggal MotoGP Mandalika 2022, Sampai Jumpa Tahun Depan!
Kondisi terkini Sirkuit Mandalika saat start balapan MotoGP. (MerahPutih.com/Thomas A Kukuh)

BolaSkor.com - Sejarah akhirnya mencatat Indonesia sukses menjadi tuan rumah gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Selama Jumat (18/3) hingga Minggu (20/3) Sirkuit di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu merekam banyak kejadian dan drama yang menarik.

Marc Marquez Tak Bisa Balapan

Mulai dari juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez, yang jatuh empat kali hingga akhirnya mengalami gegar otak. Pembalap Repsol Honda itu tak bisa mengikuti balapan.

Diduga penyebabnya karena ban yang dibawa pihak Michelin ke Mandalika. Pabrikan ban itu membawa ban yang kali terakhir digunakan pada MotoGP Buriram Thailand 2018.

Baca Juga:

MotoGP Mandalika: Miguel Oliveira Jadi Raja Pertama

Dear Pawang Hujan di Mandalika, MotoGP: 'The Master'

Marc Marquez
Marc Marquez crash. (MotoGP)

Ban ini disiapkan untuk mengatasi panasnya cuaca dan lintasan Sirkuit Mandalika yang tak jauh beda dari Buriram. Sayangnya, ban lawas itu malah membuat tim Repsol Honda pusing. Dua pembalapnya mendapat hasil jebok saat Latihan bebas dan kualifikasi. Puncaknya Marquez tak bisa mengikuti lomba.

Cuaca Tak Menentu hingga Pawang Hujan

Pawang Hujan Mandalika
Pawang hujan Mandalika, Rara Isti Wulandari. (Screenshoot Televisi)

Drama lainnya adalah soal cuaca. Di mana sejak sesi latihan bebas kedua, sualifikasi, hingga pemanasan cuaca di sirkuit cukup menyengat. Tetapi, beberapa saat sebelum balapan, Sirkut Mandalika diselimuti mendung gelap dan tak lama kemudian hujan lebat. Balapan pun ditunda sekitar 1 jam.

Kemunculan pawang hujan, Rara Isti Wulandari di pinggir lintasan juga menjadi drama yang menarik. Dia tiba-tiba keluar di depan paddock tim-tim MotoGP.

MotoGP Mandalika
Safety Car mengecek Sirkuit Mandalika yang diguyur hujan. (MotoGP)

Dia beraksi dengan gerak-gerik bak dukun sakti sambil sambil merapal mantera. Mimik mukahya begitu serius di bawah guyuran hujan.

Pentonton bersorak seolah mendapat hiburan dari aksi Mbak Rara. Para pembalap tersenyum keheranan melihat kelakuan Mbak Rara. Sampai-sampai twitter resmi MotoGP menjulukinya: The Master.

Dokter Gigi Sang Penakluk Mandalika

Miguel Oliveira
Miguel Oliveira. (MotoGP)

Tak berselang lama hujan reda. Balapan dimulai pukul 16.00 Wita. Race yang direncanakan 27 lap diputuskan berlangsung 20 lap. Semuanya lancar.

Hasilnya pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira keluar menjadi juara. Catatan waktunya, 33 menit 27,223 detik.

Posisi kedua dan ketiga direbut pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, dan jagoan tim Pramac Ducati, Johann Zarco.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang datang sesaat sebelum race dimulai, menjadi satu-satunya orang yang menyerahkan piala kepada para pemenang MotoGP Mandalika.

Secara keseluruhan MotoGP Mandalika 2022 berjalan lancar dengan berbagai macam dramanya. Semoga ke depan penyelenggaraan event balap internasional di sirkuit kebanggan masyarakat Indonesia ini bisa lebih baik lagi.

Selamat Tinggal MotoGP 2022, sampai jumpa di 2023!

Laporan Langsung Thomas A Kukuh dari Mandalika

Baca Berita Lainnya Seputar MotoGP Mandalika di KabarOto.com, Klik di Sini.

Miguel Oliveira Motogp Motogp 2022 Mandalika Sirkuit Mandalika Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.971

Bagikan