BolaSkor.com - Tim dokter PSIS Semarang akan melakukan screening Virus Corona (COVID-19) kepada pemain yang kumpul kembali ke mess pasca libur empat hari.

Pemeriksaan ini rekomendasi CEO PSIS Yoyok Sukawi dan bekerja sama dengan Charlie Hospital untuk menangkal wabah Virus Corona kepada penggawa Mahesa Jenar.

Seperti diketahui, PSIS Semarang memberi waktu libur kepada para pemainnya selama empat hari pasca laga pekan ketiga lawan Arema FC Sabtu (14/3).

Dokter tim PSIS, Alfan Nur Asyhar, mewanti-wanti para pemainnya untuk tetap menjaga pola hidup sehat selama libur. Tidak melakukan aktifitas yang bisa memicu terkena paparan virus yang berasal dari Wuhan China tersebut.

"Kami menginstruksikan para pemain untuk memanfaatkan waktu recovery yang bermanfaat sesuai standar atlet sehingga imunitas dan kebugaran tetap optimal," kata dokter tim Alfan Nur Asyhar.

Baca Juga:

Dukungan CEO PSIS Yoyok Sukawi untuk Penghentian Sementara Liga 1

Cegah Virus Corona, PSSI dan PT LIB Sepakat Liga 1 Tetap Libur dan Liga 2 Disetop Selama Dua Pekan

Eks dokter tim Bhayangkara FC ini menghimbau pemain menjaga kesehatan dengan baik dan waspada terhadap penularan Virus Corona.

"Kalau lockdown dengan cara realistis seperti usahakan stay di rumah, hindari keluar rumah kecuali jika harus menjaga kebugaran dengan latihan mandiri di lapangan. Makan dan minum usahakan memasak sendiri di rumah untuk menjaga kehigienisan dan standar gizi atlet," tambahnya.

Tidak kalah penting Alfan menambahkan jika harus keluar rumah gunakan masker, hindari foto selfie dan bersinggungan dengan fans terlebih dahulu.

"Cuci tangan penting atau gunakan hand sanitizer selepas bersinggungan dengan fasilitas umum atau diluar rumah. Lebih baiknya lagi sesampai di rumah segera ganti pakaian, atau mandi. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek ataupun ada sesak nafas, diare segera kontak dokter tim sehingga segera ada solusi," pungkas Alfan. (Laporan Kontributor Ahmad Rizal/ Semarang)