BolaSkor.com - Keberhasilan DBL sebagai kompetisi basket tingkat sekolah terbesar di Indonesia semakin melebarkan sayap. Kini DBL tak hanya sekadar basket.

DBL mengekspansi diri dengan berkolaborasi bersama Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Kesepakatan yang terjadi antara PASI dengan DBL adalah penyelenggaraan Student Athletics Championships (SAC) Indonesia.

Kerjasama antara DBL dengan PASI ini diharapkan bisa semakin memasyarakatkan atlet di Indonesia. Seperti yang sudah dilakukan DBL dengan basket selama ini.

“Dengan kerjasama (antara PB PASI dan DBL Indonesia) ini, serta spirit yang sama untuk lebih memasifkan atletik dan mencari bibit-bibit potensial di seluruh Indonesia, tentu kita optimis akan lihat buahnya tiga tahun ke depan,” ujar ketua PASI, Luhut Binsar Panjaitan.

Dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 278 juta, tidak alasan kita tidak bisa berkiprah kalau kita bekerja bersama-sama,” terang Luhut.

CEO DBL, Azrul Ananda, mengaku tertantang dengan kerjasama ini. Diakui Azrul, Atletik merupakan cinta pertamanya pada olahraga.

“Saya ini dulu pas SMA justru anak atletik. Pas SMA, olahraga saya track and field. Saya pelari 2 mile (3,2 km) dan lompat tinggi. Tapi tidak tahu kenapa kok saya bisa bikin kompetisi basket duluan,” ujar Azrul.

Semoga pengalaman kami memasarkan olahraga basket lewat DBL bisa juga dilakukan di atletik. Kami akan berupaya men-DBL-kan atletik melalui Student Athletics Championships. Kompetisi atletik tingkat sekolah ini misi utamanya menjadi booster partisipasi atletik bagi pelajar mulai SD hingga SMA.

Harapannya bisa membantu PB PASI dalam melebarkan jala untuk menemukan bibit-bibit potensial di Indonesia,” imbuh Azrul.

Student Athletics Championships Indonesia menerapkan sistem kualifikasi di 9 regional. Terdiri dari North Sumatera Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, West Java Qualifiers, Central Java Qualifiers, Yogyakarta Qualifiers, East Java Qualifiers, Kalimantan Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, dan Papua Qualifiers.

Selama kualifikasi di tingkat regional itu akan melibatkan setidaknya 20 ribu pelajar dari seluruh Indonesia. Dari tingkat SD, SMP, sampai SMA.

Babak kualifikasi regional dijadwalkan berjalan dari September hingga November 2022. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Desember mendatang. Para juaranya berkesempatan mengikuti international training camp.