BolaSkor.com - Dikulik dari data di BBC Sport, bulan November hingga awal Januari merupakan bulan-bulan yang rawan pemecatan bagi manajer atau pelatih-pelatih klub Eropa. Beberapa nama di klub top telah jadi korban musim ini (2019-20).

Sebut saja seperti: Mauricio Pochettino, Unai Emery, Carlo Ancelotti, Niko Kovac, dan teranyar Manuel Pellegrini di West Ham United. Klub-klub Eropa semakin tidak sabar menanti proses setelah melihat periode negatif yang dilalui.

Sebagai gambaran musim lalu, pada Desember, terjadi 23 pemecatan di Eropa dan jumlah itu kurang dari 18 persen dibanding musim ini. Menurut data di Marca, sudah ada 28 pelatih yang dipecat musim ini.

Baca Juga:

Waspada Para Manajer, Premier League di Masa Panen PHK

Manuel Pellegrini dan 5 Manajer Premier League yang Dipecat Musim 2019-20

Serie A, Italia, menjadi liga yang paling banyak memecat pelatih setelah Premier League, Inggris. Berikut rincian mereka, pelatih atau manajer, yang kehilangan pekerjaannya musim ini.

Serie A

Marco Giampaolo

Sembilan pelatih kehilangan pekerjaannya di Serie A, terbanyak sejak 2012. Sampdoria mengawalinya dengan pemecatan Eusebio Di Francesco pada 7 Oktober 2019 yang kemudian digantikan dengan Claudio Ranieri.

Pasca Di Francesco, pelatih lainnya yang dipecat adalah: Marco Giampaolo (AC Milan), Aurelio Andreazzoli (Genoa), Igor Tudor (Udinese), Eugenio Corini (Brescia), Fabio Grosso (Brescia), Carlo Ancelotti (Napoli), Vincenzo Montella (Fiorentina), dan Thiago Motta (Genoa).

Premier League

Mauricio Pochettino dan Unai Emery

Liga nomor satu dunia tentu mendapatkan sorotan tinggi. Bukan hanya penggunaan VAR yang pertama kali digunakan di sepak bola Inggris, pemecatan manajer di Premier League juga cukup 'gila' musim ini.

Enam manajer telah merasakan palu pemecatan. Mereka adalah Javi Gracia (Watford), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur), Unai Emery (Arsenal), Quique Sanchez Flores (Watford), Marco Silva (Everton), dan Manuel Pellegrini (West Ham).

LaLiga

Marcelino Garcia Toral

Dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, aman dari pergantian manajerial sejauh ini. Namun rival sekota Barcelona, Espanyol, cukup unik telah dua kali mengganti pelatih mereka.

Pertama mereka memecat David Gallego dan pada 23 Desember lalu memecat Pablo Machin. Selain mereka berdua, pelatih lainnya yang juga dipecat adalah Marcelino Garcia Toral (Valencia), Mauricio Pellegrino (Leganes), Fran Escriba (Celta Vigo).

Bundesliga

Niko Kovac

Satu nama besar di klub top yang dipecat di Bundesliga, Jerman, musim ini adalah Bayern Munchen. Bayern memecat Niko Kovac pada 3 November usai klub menelan kekalahan telak 1-5 dari Eintracht Frankfurt di Bundesliga.

Selain Kovac, pemecatan lainnya juga dirasakan Ante Covic (Hoffenheim), Achim Beierlorzer (FC Koln), dan Sandro Schwarz (Mainz).

Ligue 1

Slyvinho

Musim lalu dan musim ini sama saja. Ligue 1 telah memecat empat pelatih menyusul pemecatan Ghislain Printant (AS Saint-Etienne), Sylvinho (Olympique Lyonnais), Alain Casanova (Toulouse), dan Leonardo Jardim (AS Monaco).